Latest News
Jumat, 20 Januari 2023
Dilihat 0 kali

Bupati Mitra Hadiri Kunjungan Presiden RI Joko Widodo

Mitra, Fokuslinenews- Bupati James Sumendap,SH.MH menghadiri peresmian bendungan Kuwil Kawangkoan, Kamis (19/1/23).

Bendungan yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) itu diresmikan langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan rasa syukur telah diselesaikannya pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan.
Bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 dan menelan anggaran Rp 1,9 triliun tersebut memiliki sejumlah manfaat yang dapat digunakan oleh warga sekitar bendungan.

“Memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik dengan luas genangan 157 hektare yang bisa nanti untuk pembangkit listrik, kemudian mengurangi banjir yang ada utamanya di Manado, dan juga untuk pertanian,” ujar Jokowi.

Dengan kapasitas daya tampung Bendungan Kuwil, sesuai harapan Presiden RI, ke depan tentunya dapat meningkatkan produktivitas di sektor pertanian.

“Kita harapkan dengan adanya bendungan ini, aktivitas pertanian masyarakat akan makin meningkat. Petani makin produktif, lebih sering bisa menanam dan panen sehingga kita harapkan pendapatannya meningkat,” ujar Presiden.

Sementara itu, Direktur Bendungan dan Danau Direktorat Jenderal (Dirjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR Airlangga Mardjono, dalam keterangan terpisah juga menyebut bahwa, Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki potensi pariwisata seluas kurang lebih lima hektare.

Potensi pariwisata tersebut antara lain berupa waruga atau makam kuno masyarakat Minahasa yang menjadi destinasi wisata sejarah favorit para wisatawan dalam maupun luar negeri.

“Waruga atau makam kuno yang kita lestarikan dan kita revitalisasi sehingga juga bisa menjadi daerah kunjungan pariwisata baru di Kota Manado,” ujar Mardjono.

Turut hadir dalam peresmian tersebut adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Anggota Komisi V DPR RI Djenri Alting Keintjem, Gubenur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, Wagub Sulut Drs Steven Kandouw, Bupati Minut Joune Ganda, Direktur Utama Wijaya Karya Agung Budi Waskito, dan Direktur Utama Nindya Karya Haedar A. Karim.

(*/Jay)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Mitra Hadiri Kunjungan Presiden RI Joko Widodo Rating: 5 Reviewed By: admin