Latest News
Senin, 16 Januari 2023
Dilihat 0 kali

Tamuntuan Temui Deputi Kewirausahaan Irwansyah Panjaitan


SANGIHE, Fokuslinenews- Bertempat di Kementerian Koperasi dan UMKM RI, Pj. Bupati Kepulauan Sangihe dr. Rinny Tamuntuan  di dampingi Kadis Koperasi UMKM, dan Kadis Pariwisata melakukan Audens dengan ASDEP Ekosistem Bisnis Deputi Kewirausahaan Bapak Irwansyah Panjaitan , Sekaligus Mengantar Proposal Lanjutan UMKM untuk Kabupaten Sangihe, (16/1/23).

Dalam pertemuan tersebut Pj. Bupati menyerahkan 3 proposal tentang permohonan bantuan pembangunan SPBU BBM bersubsidi bagi Nelayan,  permohonan bantuan pelatihan peningkatan kapasitas sdm koperasi dan proposal bantuan peralatan kemasan produk,  " dari kami mengusulkan 3 proposal yang dalam hal ini, untuk kepentingan masyarakat bersama dan kami pun sedang mengembangkan UMKM yang ada di desa desa yang bertujuan untuk meningkatkan UMKM  dan juga bisa berkembang, semoga dengan bantuan dari pusat bisa mebantu usaha2 yang ada di kepl. Sangihe ". Usulan tersebut diterima dengan baik oleh Asdep Ekosistem Bisnis" kata Tamuntuan 

Dalam diskusi tersebut, Panjaitan menjelaskan bahwa usulan proposal sudah masuk dalam program Prioritas, bpak asdep juga menekankan pada penciptaan pengusaha di setiap daerah.

UMKM menjadi perhatian utama untuk diberdayakan dan dikembangkan menjadi pilar perkonomian bangsa Indonesia

Usaha Mikro di Indonesia yang mendominasi sekitar 95 persen dari total UMKM, tapi dinilai masih sangat lemah dari skil, modal dan kualitas produksi.

Pentingnya peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha Mikro dan Kecil

Prioritas pengembangan kapasitas sdm adalah pada jiwa kewirausahaan terutama pada mahasiswa atau para sarjana" ujarnya

Kementerian koperasi ukm RI sudah melakukan perjanjian  kerjasama dengan Perguruan Tinggi termasuk Unsrat untuk  memberdayakan mahasiswa atau sarjana untuk berjiwa kewirausahaan dan menciptakan lapangan kerja, bukan untuk mencari pekerjaan.

Sebagai tindaklanjut dari proposal pembangunan SPBU kementerian akan menurunkan surat

Terkait program Solusi Nelayan, " nanti ada surat resmi dari Deputi ke seluruh Dinas untuk menyiapkan koperasi nelayan binaan untuk diverifikasi sehingga layak akses BBM Solar Bersubsidi dari Pertamina" jelasnya

Selain itu pihak kementerian dan unsrat akan mendampingi UMKM di Kabupaten Kepulauan Sangihe untuk ditingkatkan jiwa kewirausahaan.

Pengembangan jiwa kewirausahaan di Sangihe bagi UMKM ditunjang oleh Sumber Daya Alam yang cukup tinggi seperti hasil perikanan, hasil perkebunan cengkeh, pala dan kelapa, tanaman rempah lainnya. 

(dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tamuntuan Temui Deputi Kewirausahaan Irwansyah Panjaitan Rating: 5 Reviewed By: admin