Latest News
Kamis, 16 Februari 2023
Dilihat 0 kali

Desa Tambun Likupang Barat Gelar Pesta Adat Tulude

MINUT, FokuslineNews.com- Perayaan Tulude merupakan pesta adat masyarakat suku Nusa Utara sebagi wujud syukur penyembahan bagi sang pencipta atas berkat dan penyertaannya dari tahun yang lalu dan memohon penyertaannya di tahun yang baru ini.

Pesta adat Tulude tersebut juga rutin dilakukan bagi masyarakat suku Nusa Utara, yang telah lama berdomisili di wilayah Minahasa Utara, Rabu (15/02/2023), di selenggarakan Tepatnya desa Tambun wilayah Likupang Barat sebagai bentuk tolak bala sukses digelar.

Pada perayaan tersebut terdapat, 22 kue adat Tamo yang menghiasi perayaan Tulude desa Tambun di tahun 2023 ini.

Dalam Perayaannya, kue adat Tamo Raja diarak dengan Tarian kebesaran Nusa Utara dari kantor Hukum Tua menuju ke bangsal tempat acara adat yang berlokasi di depan pantai di desa Tambun. Acara kemudian diawali dengan sambutan yanyian pertemuan dan dibuka dengan ibadah yang dipimpin Gembala Tedius Batasina.

 

Usai ibadah, lalu dilanjutkan dengan pemotongan kue adat Tamo. Bertindak sebagai Petua Adat, Forgam Lumele yang juga sebagai eksekutor pemotong kue adat tamo raja dan pembaca doa, juga permohonan yang dipanjatkan untuk sang pencipta.

Sekcam Likbar Liana Papia SE dalam sambutannya mewakili Bupati Joune Ganda. SE, MAP, MM, MS,i dan Wakil Bupati Kevin Wiliam Lotulong. SH, MH. menuturkan, Pemerintah Kabupaten sangat mengapresiasi dan bangga dengan perayaan sukuran Tulude desa Tambun dan Merayakan Hari Ulang Tahun yang ke 17 desa Tambun sehingga sukses digelar dan dapat terus dipertahankan.

“Tulude merupakan budaya adat leluhur secara turun-temurun yang tetap harus kita semua jaga dan lestarikan. Sebab budaya ini dapat mendukung kita Kabupaten Minut yang sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata super prioritas (DSP) yang ada di Likupang. Dengan mempertahankan budaya ini dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan nantinya,” ucap Papia.

 Sementara itu pejabat Hukum Tua Tambun Nelwan Tumundo dalam sambutannya menyampaikan banyak terimakasih kepada Tuhan karena atas penyertaannya, sehingga perayaan Tulude desa Tambun dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

 


“Terimakasih disampaikan untuk Sekcam Liana Papia yang telah mewakili pemerintah kabupaten Bupati dan wakil Bupati dalam mengikuti perayaan Tulude desa Tambun. Terimah kasih juga buat gembala Tedius Batasina, Pdt Noldi Rumuat, STH, MPdk, Pdt Alan Adam,S,Th, pdt. Daniel Parera, M,th. Dan para Mantan hukum tua tokoh agama, adat dan ketua Panitia bpk Vence Samuel dan anggota serta masyarakat yang telah membuang kan waktu untuk mengsukseskan pesta adat tulude dan hari ulang tahun desa Tambun yang kita cinta," tutup Nelwan.

(DeLon)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Desa Tambun Likupang Barat Gelar Pesta Adat Tulude Rating: 5 Reviewed By: admin