Latest News
Selasa, 14 Februari 2023
Dilihat 0 kali

Elly Lasut Bersama Masyarakat Talaud, Gelar Acara Adat "Manduru'u Tonna"

Foto saat pesta adat Manduru'u Tonna (Foto:Istimewa)


TALAUD, FokuslineNews.com – Pesta Adat Manduru'u Tonna, merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pelaksanaan giat adat tersebut pada tahun 2023 ini, dianggap sebagai pelaksanaan adat Manduru'u Tonna yang sangat berhikmat pasca Covid-19 yang melanda Kepulauan Talaud lalu,(14/2/2023).

Bupati Talaud, Elly Engelbert Lasut(E2L) mengatakan, selain upaya melestarikan budaya, ritual adat ini juga dalam rangka mensyukuri berkat dan perlindungan Sang Pencipta.

“Kita meminta perlindungan Tuhan di tahun  2023 ini. Ritual adat ini diwarnai doa-doa beruntun para rohaniwan. Dimana,  berharap semua diberikan ketenteraman serta kedamaian dalam hidup,” ucap Elly Lasut dihadapan masyarakat Talaud.

Lanjut ia, adat Manduru'u Tonna onna yang dikenal dengan tradisi menyambut tahun baru bagi masyarakat Kepulauan Talaud begitu melekat sehingga Pemerintah Daerah terus melastarikannya bersama masyarakat.

Pada giat ini dengan ritual adat, Elly Lasut  didapuk sebagai "Marambe Ratun Taroda" yang dikukuhkan oleh Arvan Bawangun sebagai Ketua Dewan Adat Talaud bersama anggota.

Turut hadir, Gubernur Sulut yang diwakili oleh Kepala Dinas Perbatasan Sulut Ir. Jemi Gagola, Perwakilan BPK-RI Sulut, Anggota DPR Provinsi Sherly Tjanggulung SE,  Forkopimda, Kepala SKPD Pemkab Talaud, Camat dan Kepala Desa se-Talaud.

(Jasman)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Elly Lasut Bersama Masyarakat Talaud, Gelar Acara Adat "Manduru'u Tonna" Rating: 5 Reviewed By: admin