Latest News
Selasa, 28 Februari 2023
Dilihat 0 kali

Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Gelar Kegiatan Sosbang

 

Sulut,FokuslineNews.com – Pimpinan dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara menggelar kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) 13 – 18 Februari 2023, dalam rangka memperkuat nilai empat pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Ketua DPRD Provinsi Sulut dr Fransiscus Andi Silangen S.pB, KBD saat menggelar Sosbang di Desa Mala Kecamatan Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam pemaparannya mengatakan, betapa pentingnya makna dari wawasan kebangsaan bagi masyarakat yang berdampak adanya komitmen semangat persatuan dan kesatuan untuk menjaga keutuhan bangsa Indonesia walaupun berbeda agama, suku, ras dan budaya.

Dihadapan jajaran Pemerintah Kecamatan dan para Kapitalaung se- Kecamatan Manganitu, tokoh agama dan masyarakat, Ketua DPRD Sulut dr Fransiscus Andi Silangen, S.pB, KBD menjelaskan, untuk mencapai tujuan bersama dalam kehidupan sosial, maka para pendiri bangsa telah menetapkan Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Sementara itu Ketua Komisi III DPRD Provinsi Sulut Berty Kapojos, S.Sos yang turun di Desa Kolongan Kecamatan Kalawat dan Desa Likupang 2 Kecamatan Likupang Kabupaten Minahasa Utara mengatakan, tujuan DPRD Provinsi Sulut menggelar kegiatan Sosbang, adalah dalam rangka memperkuat nilai empat pilar kebangsaan pada masyarakat.

 Berty Kapojos yang didampingi nara sumber Denny Wowiling menjelaskan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sudah harga mati yang tidak bisa ditawar dan harus diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sekretaris Komisi III DPRD Sulut Amir Liputo, SH saat menggelar sosbang di SD Muhamadiyah 3 Manado pada pemaparannya mengatakan, dalam mencapai tujuan nasional seperti dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945, wawasan kebangsaan merupakan cara pandang dan kesadaran bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang mencakup perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan ideologi, politik, sosial budaya, ekonomi dan pertahanan keamanan dengan berlandaskan dan berpedoman pada falsafah idiologi Pancasila, UUD 1945 sebagai dasar negara, dalam wadah NKRI yang Bhineka Tunggal Ika.

Adapun Anggota Komisi III DPRD Sulut, Yongkie Limen menggelar sosbang di Kelurahan Karame Lingkungan II, Kota Manado dalam pemaparannya mengatakan, bersyukur bangsa Indonesia memiliki empat pilar kebangsaan yang dapat menyatukan perbedaan.

Yongkie Limen yang didampingi nara sumber Toar Palilingan menjelaskan dengan adanya Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara, NKRI serta Bhineka Tunggal Ika, maka setiap perbedaan yang ada di masyarakat dapat disatukan dengan wawasan kebangsaan sebagai pedoman hidup berdampingan.

 Anggota Komisi III DPRD Sulut Arthur Kotambunan saat menggelar Sosbang di Kelurahan Kairagi Satu Kecamatan Mapanget dan Kelurahan Karombasan Selatan Kecamatan Wanea Kota Manado dalam pemaparannya mengatakan, Sosbang adalah program wawasan kebangsaan yang dibuat DPRD Sulut dalam rangka bagaimana DPRD menggugah dan merangsang, bahwa pentingnya wawasan kebangsaan dalam bingkai hidup Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Arthur Kotambunan yang didampingi nara sumber Lynne Liow, SE menjelaskan, pada masa lalu wawasan kebangsaan di dapat dalam kegiatan penataran Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4), namun sekarang lebih dikenal dengan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika adalah suatu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Anggota Komisi III DPRD Sulut Ayub Ali SE yang menggelar Sosbang di Desa Binjeita Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolmut dalam pemaparannya mengatakan, empat tujuan nasional bangsa Indonesia yang tercantum di dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Kegiatan Sosbang juga digelar oleh Anggota Komisi III DPRD Sulut Sherly Tjanggulung di Desa Bitunuris dan Desa Salibabu Kecamatan Salibabu Kabupaten Talaud.

 Sherly Tjanggulung yang didampingi nara sumber Elsinta Suyoso dalam pemaparannya mengatakan, tujuan DPRD Sulut menggelar kegiatan Sosbang adalah penting bagi masyarakat untuk mengamalkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar negara, NKRI sebagai suatu wilayah kesatuan dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pemersatu suku bangsa.

Kegiatan Sosbang Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut dihadiri oleh jajaran Pemerintahan Kecamatan, Desa/Kelurahan dan masyarakat.

(advetorial)


  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Gelar Kegiatan Sosbang Rating: 5 Reviewed By: admin