Latest News
Sabtu, 04 Februari 2023
Dilihat 0 kali

PPAAL Sekinci-Kinci, Gelar Kenaikan Tingkat Serta Angkat Sumpah Perguruan

Lampung Selatan, FokuslineNews.Com - Perguruan Pencak Adat Asli Lampung ( PPAAL ) Sekinci-Kinci, mengadakan kegiatan yang juga sebagai tradisi didalam suatu perguruan. Ketika para murid, telah dapat menyesuaikan ilmu silatnya untuk menaiki tahapan yang lebih berat lagi. Sabtu ( 4/2/2023 ).

Artinya setiap proses ilmu yang diterima, tentunya akan ada hal yang menjadi tanggungjawab besar untuk mengemban ilmu tersebut. Ini merupakan reward, sekaligus amanah yang tentu saja harus dijalankan dengan hati yang bersih, tulus, serta sepenuh hati.

Bertempat di desa Trimulyo, Kec. Tanjung Bintang Kab. Lampung Selatan. Kegiatan kenaikan tingkat, yang juga sekaligus angkat sumpah para murid - murid baru menjadi saudara baru di perguruan pencak adat asli Lampung sekinci - kinci ini. Tentunya telah melalui tahapan, dan proses serta penilaian oleh para pelatih. Dimana para pelatih, menilai point - point penting. Baik itu dari gerakan atau langkah, kecepatan dalam melumpuhkan lawan, tangkisan, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan kenaikan tingkat, serta angkat sumpah saudara baru perguruan pencak adat asli Lampung sekinci - kinci. Mengambil tema " Bersama kita bisa wujudkan masa depan yang Gemilang ".

Hadir pada kesempatan tersebut, sekertaris umum DPP PPAAL Sekinci - Kinci John Knedi mewakili ketua umum DPP PPAAL Sekinci - Kinci Mawardi Harirama yang berhalangan hadir. Ketua DPD PPAAL Sekinci - Kinci ditiap kabupaten / kota yang ada di provinsi Lampung, Para pengurus DPP DPD DPC dan PAC PPAAL Sekinci - Kinci, para pelatih, para murid atau anggota perguruan pencak adat asli Lampung Sekinci - Kinci diseluruh kabupaten/kota se- provinsi Lampung, tokoh - tokoh adat sai bathin dan pepadun.

Dalam sambutannya, John Knedi kepada para murid atau anggota PPAAL Sekinci - Kinci. Inilah suatu bentuk silat asli Lampung, yang harus terus dikembangkan, dilestarikan, dan harus terus kita wariskan pada generasi - generasi yang tentunya membawa nama Lampung jauh lebih baik lagi kedepannya serta maju dalam hal yang positif. Ungkapnya

Kita harus optimis, yakin dan percaya. Bahwa dengan niat yang baik, segala urusan akan ada jalan dan dipermudah dalam langkah - langkah yang maksimal. Untuk itu, para murid atau anggota PPAAL Sekinci - Kinci harus bisa menjaga marwah perguruan sekinci - kinci ini dengan baik. Jangan sampai membuat hal - hal yang tidak pantas, serta tidak patut menjadi contoh. Baik dalam perguruan, maupun ditengah masyarakat.

Saya mendukung penuh, untuk majunya perguruan pencak adat asli Lampung ( PPAAL ) Sekinci - Kinci ini. Dan semoga hadirnya sekinci - kinci dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, dan menjadi ragam dalam dunia persilatan kita di Indonesia. Jelasnya

Hasbullah gelar tuan raja merga selaku guru besar sekinci - kinci, juga berpesan agar ilmu yang didapat harus dijaga dengan baik. Silat bukanlah ajang untuk kita bertindak semaunya sendiri, bukan pula untuk gagah - gagahan, tidak pula untuk disombongkan. Terangnya

Melainkan ilmu silat yang didapat, adalah warisan nenek moyang kita asli Lampung yang harus kita jaga dan pelihara. Agar sampai pada masa generasi - generasi yang akan datang, untuk membawa nama perguruan sekinci - kinci semakin harum, semakin baik di masyarakat.

Dan untuk para murid yang telah menaiki tingkat, agar tetap rendah hati dan selalu terus belajar dan berlatih. Karena jika ilmu yang didapat tidak pernah dilatih, akan lenyap dan hilang. Serta jangan tinggalkan sholat atau ibadah, karena segala sesuatu yang kita dapat tentunya atas kebesaran Allah SWT. Ungkapnya.

Selain itu, dalam kegiatan kenaikan tingkat sekaligus angkat sumpah murid/anggota baru yang telah resmi menjadi saudara seperguruan pencak adat  asli Lampung Sekinci - kinci. Juga dalam hal ini, ketua DPD PPAAL Sekinci - Kinci Lampung Selatan Andi Afrizal glr Rajo Sipahit Lidah. Mengucapkan terimakasih, kepada seluruh yang telah hadir baik Camat, Kades, Kapolsek, Bhabinkamtibmas dan bhabinsa. Tokoh agama, tokoh adat maupun juga tokoh masyarakat yang telah banyak membantu dan juga mensuport acara tersebut sehingga berjalan dengan baik dan lancar.

Semoga PPAAL Sekinci - Kinci, menjadi Point plus dalam mengembangkan dan melestarikan adat budaya khas Lampung dalam kepariwisataan yang ada di Indonesia. Tutupnya

( Tedhika )

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: PPAAL Sekinci-Kinci, Gelar Kenaikan Tingkat Serta Angkat Sumpah Perguruan Rating: 5 Reviewed By: admin