Latest News
Minggu, 12 Maret 2023
Dilihat 0 kali

Alokasi DAK PUPR Kabupaten Minahasa Berkurang Dari Tahun Sebelumnya



Minahasa, Fokuslinenews.com
-Dana Alokasi Khusus Pekerjaan Umum (DAK PU) Kabupaten Minahasa Tahun 2023 berkurang dari tahun tahun sebelumnya. Hal ini di jelaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Minahasa melalui Sekretaris Dinas Alex Dotulong di Tondano, Selasa (07/03), pekan lalu.

"Pada Tahun Anggaran 2023 Kabupaten Minahasa menerima Dana DAK bidang Jalan sebesar Rp. 12 Milyar dan tidak menerima Dana Alokasi Khusus bidang Air Minum, Sanitasi, dan irigasi" kata Dotulong.

"Jika di totalkan, anggaran Dinas PU menurun dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Pada Tahun 2022 alokasi anggaran DAK bidang sanitasi 5 Miliaran, bidang irigasi 1,9 Miliaran, bidang air minum 7 Miliaran dan bidang Jalan Rp. 20 Milyaran. Tahun 2023 kami tidak mendapatkan dana untuk DAK bidang Air Minum, bidang Sanitasi dan bidang Irigasi. Tahun 2023 Bidang Jalan mendapatkan dana Rp. 12 Milyaran, menurun dari tahun sebelumnya (2022) Rp. 20 Milyaran," jelas Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Minahasa Alex Dotulong.

Salah  satu alasan tidak turunnya DAK bidang Air Minum, Sanitasi dan Irigasi tahun 2023 untuk Kabupaten Minahasa adalah karena belum menjadi lokasi prioritas (lokpri).

"Hal ini bukan hanya untuk Kabupaten Minahasa namun berlaku juga untuk beberapa daerah lain, sementara untuk Minahasa sendiri belum menjadi lokasi prioritas sehingga anggaran ditahun 2023 berkurang, dan untuk DAK sendiri memang besarannya berubah-ubah tiap tahunnya, dimana pada tahun 2021 total DAK dinas PUPR 20 Milyaran, tahun 2022 naik menjadi 34 Milyaran dan tahun 2023 berkurang menjadi 12 Milyaran," urainya.

Terkait paket pekerjaan untuk tahun 2023 sendiri, Sekdis Dotulong belum memberikan penjelasan  untuk lokasi dan anggaran di tiap paket tersebut,

"Paket pekerjaan tahun ini sementara dipersiapkan untuk ditenderkan, silakan melihat pada Portal Pengadaan (Rencana Umum Pengadaan), di situ dapat dilihat paket-paket pekerjaan yang akan diadakan tahun anggaran 2023 ini." tutupnya. (Prokla)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Alokasi DAK PUPR Kabupaten Minahasa Berkurang Dari Tahun Sebelumnya Rating: 5 Reviewed By: Prokla Malingkas