Latest News
Kamis, 16 Maret 2023
Dilihat 0 kali

Dinas Pertanian Mitra Berikan Pelayanan Kesehatan Pada Hewan Ternak

 


MITRA, FokuslineNews-
Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), memberikan pelayanan kesehatan hewan (Keswan) diseluruh Kecamatan yang ada di Mitra, Kamis (16/03/23).

Kepala Dinas Pertanian Mitra Vecky Monigir mengatakan, ini adalah bagian dari upaya Dinas Pertanian Mitra untuk pencegahan dan pengendalian penyakit hewan menular khusus wabah ASF (Asian Swine Fever) pada ternak babi.

"Petugas dari Dinas Pertanian dalam hal ini bidang peternakan turun langsung ke peternak hewan babi dan sapi untuk lakukan vaksin pengendalian penyakit hewan," ujar Monigir.

Lanjut Monigir, para petugas serta peternak juga melaksanakan penyemprotan desinfeksi atau penyemprotan desinfektan.


"Selain petugas melakukan penyemprotan desinfektan di kandang para peternak, petugas juga laksanakan pengobatan dan pelayanan kesehatan hewan, yaitu dengan pemberian vitamin dan obat- obatan," pungkas Monigir.

Ditambahkan Monigir, petugas juga lakukan penandaan pada ternak sapi, sehingga hewan ternak tersebut beridentitas.

Adapun tujuan dari pemasangan eartag (anting eartag pada sapi) adalah agar memudahkan seleksi dan recording serta memudahkan dalam monitoring tata laksana pemeliharaan.

"Ini juga memudahkan pencatatan dan pendataan populasi hewan, status reproduksi, serta distribusi hewan ternak.Hewan ternak seperti sapi perlu dilakukan penandaan dan pendataan agar diketahui identitas dan populasi hewan ternak yang sudah divaksinasi secara nasional," tutupnya. (**)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dinas Pertanian Mitra Berikan Pelayanan Kesehatan Pada Hewan Ternak Rating: 5 Reviewed By: Jay