Latest News
Minggu, 05 Maret 2023
Dilihat 0 kali

JS dan Lumentut Peluang Raih Jatah Kursi ke Sanayan 2024-2029

 


MANADO
, FokuslineNews.com -Dua figur yang hampir pasti memperkuat PDI Perjuangan pada pemilihan legislatif (Pileg) DPR-RI Daerah Pemilihan Sulawesi Utara, kans kuat mendapat dua kursi ke Senayan saat Pileg 2024 nanti.
James Sumendap SH MH, Bupati Minahasa Tenggara, dan Wenny Lumentut SE, Wakil Wali Kota Tomohon, makin terdepan mendulang suara signifikan.
Kiprah keduanya baik itu sebagai Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah maupun sebelumnya pernah menjadi Wakil Rakyat di DPRD Sulawesi Utara, dinilai banyak kalangan adalah figur-figur yang layak menjadi Wakil Rakyat Sulut di DPR-RI.
Basis massa dua figur yang sama-sama ber-style enerjik ini, tak perlu diragukan lagi. Punya puluhan ribu pemilih setia.
Jejaring sosial yang kuat baik di Organisasi Masyarakat (Ormas) maupun Organisasi Keagamaan, James Sumendap dan Wenny Lumentut, sedang mengemban jabatan organisasinya masing-masing.
James Sumendap kini sebagai Panglima Panji Yosua P/KB GMIM. Sementara, Wenny Lumentut dipercayakan sebagai Ketua Umum DPP Legio Luminis Indonesia.
Pengamat Politik Dr Ferry Daud Liando mengutarakan beberapa indikator yang bisa menentukan apakah Partai Politik (Parpol) bisa dominan pada Pemilihan Umum (Pemilu).
Di antaranya, Parpol itu memiliki kelembagaan, struktur dan pengurus yang kuat dari tingkat pusat hingga desa.
Kedua, Parpol itu tidak sedang dilanda konflik berkepanjangan. Ketiga, struktur, anggota dan simpatisan terdapat figur atau nama besar, dihormati dan memiliki banyak pengikut.
Keempat, menguasai elit-elit pemerintahan daerah seperti bupati/walikota.
“Kelima, memiliki jejaring sosial yang kuat, baik dengan ormas maupun organisasi keagamaan,” pungkasnya.
Dapil Sulawesi Utara ke DPR-RI, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2023, dialokasikan sebanyak 6 kursi.(**)

 

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: JS dan Lumentut Peluang Raih Jatah Kursi ke Sanayan 2024-2029 Rating: 5 Reviewed By: Jay