Latest News
Jumat, 31 Maret 2023
Dilihat 0 kali

2 Tahun Tangan dingin MM-HH Nahkodai Kota Bitung Menuju Era Kota Digital


 Bitung, FokuslineNews.com -- Maurits Mantiri dan Hengky Honandar bersama Istri hadiri Hut dua tahun pimpin Kota Bitung.(31/3/2023). Walikota Bitung, Maurits Mantiri tak asing lagi bagi masyarakat Bitung Walaupun telah berhasil menapaki puncak karir politik di Kota Bitung, suami dari Rita L Tangkudung ini tetap dikenal supel dan mudah bergaul dengan masyarakat. Bahkan, masih penuh keakrapan dengan milenial.
 
Catatan politik,Maurits Mantiri adalah kader terbaik PDIP, Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Bitung Barat Periode 2000-2005, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Bitung Periode 2005-2010, Ketua PDI Perjuangan Kota Bitung Periode 2010-2015, Terpilih Kembali sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kota BItung Periode 2015-2020 Selama tiga periode dari tahun 2004 hingga tahun 2014, Maurits yang tetap konsen dengan rakyat Bitung.
 
Pernah jadi anggota DPRD Bitung. (Ketua Komisi A) periode 2006-2010 Wakil Ketua DPRD Kota Bitung periode 2010-2014, Wakil Ketua DPRD Kota Bitung periode 2014-2018 Wakil Walikota Bitung 2016-2021 hingga akhirnya di tahun 2015, dirinya oleh partai ditunjuk maju menjadi Wakil Wali Kota Bitung.
 
 

Kemudian pada Pilkada 2020, maju sebagai Calon Wali Kota Bitung berpasangan dengan Hengky Honandar dan menang dengan perolehan suara fantastis mencapai 58,3 persen. Fantastis karena ada tiga calon yang bertarung di Bitung.di Tanggal 31 Maret di lantik walikota dan wakil walikota Bitung oleh Gubernur Olly Dondokambey.

Bitung Hebat, Bitung Sejahtera, terlihat selalu di instagram dan Facebook Maurits Mantiri,catatan prestasi,
kota bitung berhasil melanjutkan tradisi opini keuangan wajar tanpa pengecualian (wtp) hingga 11 (sebelas) kali secara beruntun.

Menjadi peringkat pertama kota tertinggi atau realisasi belanja apbd tahun 2022 se-indonesia. Sebagai kota paling berkelanjutan wilayah sulawesi. Terbaik ke-3, kategori kota dalam pembangunan daerah kabupaten/kota se-provinsi sulawesi utara dan terbaik ke-tiga, akses aman sanitasi.

Di bidang kesehatan kita boleh membangun satu rumah sakit baru, RSUD pratama pemerintah kota Bitung yang akan diresmikan dan nanti dapat digunakan sebagai salah satu infrastruktur penunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Diresmikannya jalan tol Manado-Bitung yang menjadi salah satu program prioritas nasional untuk menunjang gerak roda perekonomian dan pembangunan daerah dan disempurnakan dengan pelabuhan hub internasional bitung yang berproyeksi menjadi pelabuhan transhipment internasional sekaligus menjadi gerbang ekonomi ke negara asia-pasifik.

Pada sektor pariwisata terus dikembangkan, dengan masuknya festival pesona selat lembeh ke dalam daftar 110 kharisma of event nasional dari kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif, serta nominasi UCCN sebagai kota kreatif di bidang gastronomi.

"Olehnya dalam mengendalikan angka inflasi yang menjadi akibat dari kenaikan harga BBM tersebut, tim pengendalian inflasi daerah (TPID) kota Bitung telah melakukan upaya-upaya. Diantaranya, menggalakkan kembali pemanfaatan pekarangan rumah dengan menanam tanaman dapur hidup. Tujuannya agar masyarakat mampu memenuhi sendiri kebutuhan bahan makanan. Demi mewujudkan kedaulatan pangan dimulai dari skala rumah tangga. Mengadakan kegiatan pasar murah. Sehingga masyarakat mendapatkan komoditi dengan harga murah karena telah disubsidi oleh pemerintah," ucapnya.


Program-program yang menyangkut kesejahteraan sosial masyarakat telah diinisiasi seperti peningkatan kualitas dan kapasitas UMKM lokal, rumah diakonia, bedah rumah dan alokasi berbagai jenis bantuan pada APBD kota Bitung tahun 2022 dalam bentuk bantuan sosial kepada 6.261 (enam ribu dua ratus enam puluh satu) keluarga penerima manfaat, program jaminan kesehatan bagi warga kurang mampu berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Dimana tahun ini 95% warga sudah ter-cover BPJS kesehatan, pemberian santunan kematian bagi seluruh warga kota bitung sebesar 2,5 juta rupiah per jiwa, bantuan berupa benih, bibit, dan pupuk untuk sektor pertanian dan perikanan. Sehingga masyarakat kota bitung benar-benar merasakan bahwa pemerintah tulus hadir untuk melayani," ujarnya.

Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM menerima langsung Piala Adipura Kencana, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Selasa (28/2/2023).


Pemerintah Kota Bitung dibawah kepemimpinan Walikota Ir. Maurits Mantiri dan Wakil Walikota Hengky Honandar, SE., pada Selasa (14/03/23), kembali menorehkan prestasi dengan menerima Penghargaan Universal health Coverage (UHC) Award tahun 2023.

Ungkapan syukur atas dua tahun Kepemimpinan Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri bersama Wakil Wali Kota, Hengky Honandar, diimplementasikan melalui penyaluran paket sembako kepada masyarakat Kota Bitung. Jumat (31/3/2023).

Diketahui penyaluran paket sembako sebanyak 3003 paket sembako yang disalurkan di 69 Kelurahan se-Kota Bitung dan dilakukan secara serentak.
Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengungkapkan, bantuan pekat sembako itu sebagai bentuk rasa syukur pemerintah atas pencapaian yang berhasil ditorehkan selama 2 tahun kepemimpinan.

"Keberhasilan pemerintah selama ini tidak terlepas dari konsisten, kekompakan, kesolidan antar warga yang mendukung program-program unggulan kami," katanya.

Ia juga menjelaskan, ribuan paket sembako di bagikan bertujuan untuk meringankan beban warga yang kurang mampu. Terutama masyarakat yang saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Bitung Hebat, Bitung Sejahtera, dua Tahun kepimpinan Maurits-Hengky mampu mewujudkan clean government dalam tata kelola pemerintahan di Kota Bitung, mampu mempertahankan hidup yang rukun dan bertoleransi sehingga Kota Bitung tetap kondusif, aman dan nyaman dalam perbedaan, mampu membangun kolaborasi yang baik dan harmoni antara pemerintah, komponen masyarakat, tokoh-tokoh agama dan berbagai komunitas.

"Jan WG Polii selaku Staf khusus Gubernur menceritakan ke media ini bahwa banyak inovasi dan perubahan yang dilakukan oleh pasangan Maurits dan Honandar sejak memimpin di kota Bitung sehingga 1000 titik wifi serta Kamis tanpa kendaraan, juga membagikan daging untuk hari Raya keagamaan dan lain-lainya," tutup Jan Polii.

(Advetorial)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: 2 Tahun Tangan dingin MM-HH Nahkodai Kota Bitung Menuju Era Kota Digital Rating: 5 Reviewed By: admin