Latest News
Kamis, 06 April 2023
Dilihat 0 kali

Bupati Joune Ganda Tinjau Langsung Pasar Tatelu Pasca Kebakaran

Minut, FokuslineNews.com - Bupati Joune Ganda S.E. M.A.P. M.M. M.Si meninjau langsung lokasi kebakaran Pasar Desa Tatelu Kecamatan Dimembe Minut Kamis, (06/04/2023) bersama jajaran Pemkab Minut.

Pasca kebakaran berapa hari yang lalu Pasar Tatelu akan segera direlokasi Pemkab Minut. Untuk maksud ini, Pemkab Minut telah menyediakan lahan sekira 1 hektar untuk memindahkan pasar yang terakhir dibangun pada 2019 lalu. Hal ini diungkapkan Bupati saat meninjau langsung lokasi kebakaran.

Menurut data, ada 100 lebih lapak, 62 kios dan satu toko besar habis terbakar. Sedangkan kerugian akibat peristiwa ini sedang dihitung pemerintah.

Dikatakan bupati, pasar ini secepatnya direlokasi ke tanah Pemkab yang hanya berjarak 150 meter dari pasar yang terbakar. Hal ini dimaksud untuk memfasilitasi para pedagang untuk tetap berjualan, sekaligus membantu warga mendapatkan kebutuhannya.

"Pasar yang dikelola oleh warga ini sangat penting dan ini menjadi contoh yang baik karena pasar ini juga merupakan usaha Bumdes. Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tentunya menyampaikan turut prihatin atas peristiwa kabakaran yang terjadi. Tetapi pemerintah juga tidak tinggal diam untuk membantu masyarakat terutama warga Desa Tatelu," tutur Bupati Ganda.

Lanjut, dalam leterangannya, Bupati JG mengatakan, tidak semua lapak di pasar ini terbakar, sekira 30 persen tidak terbakar, tetapi tetap akan direlokasi bersama pedagang terdampak lainnya. Pemkab berharap dengan adanya relokasi, masyarakat bisa terlayani kebutuhan-kebutuhannya dan para pedagang juga bisa mendapatkan kembali penghasilannya.

"Dengan adanya peristiwa ini, saya juga berharap para pedagang dan pelaku pasar untuk lebih berhati-hati dan jauh lebih kompak," himbau Bupati JG.

Lagi, dikatakan bupati, karena ini terjadi menjelang hari raya Idul Fitri umat muslim, dirinya langsung memerintahkan jajarannya untuk mengambil langkah-langkah cepat penanganan agar masyarakat kembali dapat dilayani kebutuhannya pada saat lebaran. Karena kejadian ini sangat nerdampak bagi masyarakat yang sudah terbiasa mencari kebutuhannya di pasar ini.

"Kedepan, Pemkab Minut akan melakukan pembicaraan-pembicaraan bersama masayarakat Tatelu dengan melibatkan pemerintah desa untuk menentukan langkah-langkah selanjutnya agar keputusan yang diambil adalah yang paling baik dan tepat untuk kepentingan masyarakat," pungkas Bupati JG.

Usai meninjau lokasi kebakaran, didampingi Camat Dimembe Ansye Dengah, bupati dan jajaran pejabat Pemkab Minut langsung menuju ke lokasi relokasi pasar, mengecek persiapan lahan. Terlihat satu unit Excavator sedang melakukan pekerjaan land clearing penimbunan, pembersihan dan meratakan tanah yang ada di kompleks Terminal Tatelu. Beberapa pohon kelapa ditebang dan disingkirkan ke pinggir.

"Pekerjaan pembersihan ini terus digenjot agar secepatnya bisa dibangun lapak dan kios-kios," tambah Camat Dimembe Ansye Dengah.

(DL)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Joune Ganda Tinjau Langsung Pasar Tatelu Pasca Kebakaran Rating: 5 Reviewed By: admin