Latest News
Rabu, 26 April 2023
Dilihat 0 kali

Dandim 1312 Talaud dan Danlanal Melonguane Tanam pepaya di Lahan Koramil 1312-3/Beo

Suasana tanam pepaya (Foto)


Talaud, FokuslineNews.com – Koramil 1312-03/Beo memanfaatkan ribuan meter persegi lahan tidur di wilayahnya sebagai lahan pertanian/perkebunan untuk mendukung program ketahanan pangan dengan memanfaatkan dan mengolah lahan tidur untuk budidaya pepaya California  Desa Beo.

Turut hadir, Letkol. (Laut) Muhammad Faisal Sidik Permana,S.E.,M.Tr. Opsla (Danlanal Melonguane)., Rosmiati Malaru.SH.MH (Kadis Perikanan)., Pretsli Ontorael S.IP (Camat Beo)., AKP Yakob AL (Kapolsek Beo)., Serma Jemi Tundunaung (Plh Danramil 03/Beo)., Miksel Manopo S.Th (Pedeta Gereja Imanuel Beo)., Para penyuluh pertanian Kec. Beo., Anggota dan persit Koramil 1312- 03/Beo.

Dandim 1312/Talaud Letkol Inf Sigfried Wellem Panah, S.Sos terjun langsung ke lokasi memimpin anggotanya untuk melaksanakan pengolahan lahan yang akan dimanfaatkan untuk budidaya pepaya California. Lahan tidur yang sebelumnya hanya ditumbuhi semak belukar dan rumput ilalang tersebut dibersihkan serta dibuatkan lubang tanam yang selanjutnya didiamkan selama 1—2 minggu untuk mengurangi kadar pH tanah dan kandungan air.

Kegiatan budidaya pepaya California ini bertujuan untuk membantu program Pemerintah untuk pencapaian swasembada pangan, meningkatkan ketahanan pangan nasional dan daerah, serta meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna kepentingan pertahanan negara melalui program Ketahanan Pangan salah satunya yaitu budidaya pepaya California. 

"Dipilihnya pepaya California dalam Program Ketahanan Pangan kali ini karena teknik budidaya pepaya California dinilai tidak begitu sulit, pepaya jenis ini bisa dipanen dalam waktu singkat yaitu dapat dipanen ketika berumur 7—9 bulan. Papaya California dewasa ini merupakan salah satu komoditas pertanian daerah tropis yang mempunyai peluang sangat besar untuk dikembangkan di Indonesia sebagai usaha agribisnis dengan prospek yang cukup menjanjikan," ucap Dandim kepada awak media.

Menurutnya, jenis papaya  ini digemari banyak orang karena rasanya manis dan bergizi. Tinggi pohon pepaya ini terbilang kerdil hanya sekitar 1,5—2 m dengan batang beruas pendek dan berpelepah. Tanaman dapat berbuah lebat mencapai 25—30 buah. Daging buahnya yang tebal, rasanya yang manis serta memiliki daya simpan yang lebih lama merupakan beberapa alasan yang membuat buah pepaya california banyak diminati masyarakat.

Kegiatan ketahanan pangan budidaya pepaya California yang dibuat Koramil 1312-03/Beo melalui Program Hanpangan Kodim 1312/Talaud ini bisa menjadi pilot project pelaksanaan kegiatan/percontohan dalam budidaya pepaya bagi masyarakat sekitar. Kedepannya hasil produksi panen dapat digunakan untuk kesejahteraan anggota dan membantu masyarakat sekitar serta meningkatkan kesadaran warga masyarakat tentang pentingnya menjaga Ketahanan pangan di wilayah terutama pada masa Pasca Pemulihan Pendemi Covid 19," harap Dandim.

(jasman)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dandim 1312 Talaud dan Danlanal Melonguane Tanam pepaya di Lahan Koramil 1312-3/Beo Rating: 5 Reviewed By: admin