Latest News
Senin, 03 April 2023
Dilihat 0 kali

Pemkab Minut Cairkan Siltap BPD dan Linmas di 105 Desa

Minut, FokuslineNews.com - Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mewakili Bupati Joune Ganda, Kaban Keuangan Carla Sigarlaki memastikan Penghasilan Tetap (Siltap) Perangkat Desa mulai dicairkan hari ini, Senin (03/04/2023).

Dalam Konferensi pers Kaban Carla dampingi Kadis Sosial dan PMD, Arnolus Wolayan, Kadis Kominfo Robby Parengkuan dan Inspektur Minut Steven Tuwaidan, mengatakan Siltap Perangkat Desa, BPD dan Linmas untuk 105 Desa sementara dalam proses pencairannya di Badan Keuangan Minut.

"Progresnya saat ini sudah dalam tahapan Surat Perintah Penyaluran Dana(SP2D). Sedang di proses dan hari ini bisa dipindah bukukan,” kata Kaban Carla.

Menanggapi hal itu tersebut, Kadis Sosial dan PMD Arnolus Wolajan mengatakan,

“Proses pengajuan siltap perangkat desa, BPD dan Linmas tergantung dari syarat bayar yaitu APBDes yang harus dipenuhi desa yang bersangkutan. Saat ini masih 20 desa yang belum dievaluasi. Selesai evaluasi langsung kami ajukan", jelas Kadis Wolajan.

Ditempat yang sama, Inspektur Minut Steven Tuwaidan menuturkan, dirinya memerintahkan jajaran Inspektorat untuk melakukan evaluasi dan pemeriksaan. Pemerintah desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) harus menyampaikan laporan pertanggung jawaban kinerja terkait penyelenggaraan pemerintahan dan pengwasan.

“LPJ harus disampaikan dulu, baru kemudian diverifikasi oleh inspektorat", ungkap Tuwaidan.

Adapun data realese dari Badan Keuangan Minut pagi ini akan diproses Siltap, Tunjangan BPD dan Linmas triwulan I 2023 (Januari sampai Maret) sebesar Rp12.103.191.000 (dua belas miliar seratus tiga jura seratus sembilan puluh satu) rupiah dengan rincian :

1) Siltap Rp9.555.441.000

2) Tunjangan BPD Rp1.305.750.000

3) Operasional Linmas Rp1.242.000.000

Sedangkan 20 Desa lainnya sementara menyelesaikan syarat salur (APBDes).

Menutup konferensi Pers Kadis Sosial dan PMD Arnolus Wolajan menambahkan, untuk 20 Desa yang belum melakukan proses evaluasi RAPBdes akan diberikan surat peringatan.

(DeLon)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pemkab Minut Cairkan Siltap BPD dan Linmas di 105 Desa Rating: 5 Reviewed By: admin