Latest News
Senin, 03 April 2023
Dilihat 0 kali

Tumigolung : Pentingnya LP2B, Lahan Sawah Agar Terus Dilindungi



MITRA,FokuslineNews-
Perubahan fungsi lahan pertanian terus bergeser alih fungsi dengan berkembangnya kepadatan penduduk. Oleh karena itu pemerintah mengupayakan lahan pertanian untuk dijaga agar tidak beralih fungsi.

 Kepala Dinas Pertanian Minahasa Tenggara Vecky Monigir melalui Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian Joice Tumigolung menjelaskan bahwa, pemanfaatan lahan sudah banyak beralihfungsi secara tidak terkendali.

 "Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B) sangat penting Untuk menjaga ketahanan pangan, maka perlu dijaga lahan pertanian yang ada. Untuk menjaga lahan pertanian tersebut, pemerintah membuat regulasi," jelas Tumigolung, Senin (03/04/2023).

Lanjut Tumigolung, LP2B merupakan bidang lahan pertanian yang ditetapkan untuk dilindungi dan dikembangkan secara konsisten guna menghasilkan pangan pokok bagi kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan nasional.

 "Pemerintah juga terus berupaya untuk melindungi kawasan lahan pertanian pangan secara berkelanjutan dan melindungi kepemilikan lahan pertanian milik petani. Dengan adanya LP2B petani juga dapat menikmati bantuan seperti pupuk, irigasi, bibit dan bantuan lainnya, sehingga akan lebih tepat sasaran dalam penyaluran," ungkap Tumigolung.

 

Lanjutnya, Sebagai kawasan pertanian diwilayah yang  menjadi lumbung padi wajib dilindungi dengan LP2B.

 

"Perlindungan LP2B harus memiliki payung hukum. diharapkan masyarakat terutama petani tidak mengalihfungsikan lahan pertaniannya terutama lahan pertanian pangannya, Sehingga swasembada pangan dapat terwujud," ucap Tumigolung.(**)

 

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tumigolung : Pentingnya LP2B, Lahan Sawah Agar Terus Dilindungi Rating: 5 Reviewed By: Jay