Latest News
Kamis, 11 Mei 2023
Dilihat 0 kali

Bupati Joune Ganda Buka Kegiatan Rembuk Stanting

Minut, FokuslineNews.com - Bupati Joune Ganda membuka kegiatan rembuk stunting
kabupaten minahasa utara, Kamis (11/05/2023) di ruang rapat Bapelitbang Kabupaten Minahasa Utara.

Konvergensi stunting sebagai satu pendekatan intervensi penurunan stunting merupakan upaya menyelaraskan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan pengendalian kegiatan lintas sektor serta antar tingkat pemerintahan dan masyarakat secara terkoordinir, terpadu dan bersama-sama untuk mencegah stunting kepada sasaran prioritas.

Saat ini prevalensi stunting di kabupaten minahasa utara, hasil pengukuran februari 2023 lewat e-ppgbm (elektronik-pencatatan dan pelaporan gizi berbasis masyarakat) sebanyak 3,39% (358 balita) di minahasa utara mengalami stunting, hal ini tentu perlu menjadi perhatian serius.

Berkaitan dengan penanganan stunting terintegrasi  di indonesia, ada 5 pilar yang harus dilakukan pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota, yaitu:komitmen pimpinan, kampanye perubahan perilaku, konvergensi program, akses pangan bergizi, pemantauan dan evaluasi.

Bupati Minahasa Utara Joune Ganda memberikan sambutannya yang diwakili oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Novly Wowiling, pelaksanaan rembuk stunting saat ini bertujuan untuk membangun komitmen pemerintah daerah bersama stakeholder terkait.

"Dalam mengambil  langkah-langkah upaya percepatan penurunan  stunting di kabupaten minahasa utara dan mendukung terwujudnya masyarakat dengan konsumsi gizi seimbang, percepatan perbaikan gizi, pemenuhan sanitasi dasar melalui penetapan kebijakan program kegiatan masing-masing perangkat daerah terhadap intervensi penurunan stunting di kabupaten minahasa utara khususnya pada desa lokus prioritas penanganan stunting yang telah ditetapkan," ujarnya.
 
Lanjut dikatannya, "selanjutnya terkait konvergensi stunting, saya meminta kepada semua perangkat daerah untuk mendukung penuh komitmen pimpinan daerah. saya juga mendorong kepada pihak swasta, perbankan,  bumn,  bumd melalui dana tanggung jawab sosial dan lingkungan corporate social responsiblities (csr) untuk berpartisipasi bersama-sama pemerintah daerah dan masyarakat dalam menurunkan prevalensi stunting di kabupaten minahasa utara," ucapnya.
   
Joune Ganda berharap dengan kegiatan rembuk stunting ini, komitmen yang di buat bersama hari ini menjadi tolak ukur dalam percepatan penurunan stunting di kabupaten minahasa utara.

(DL)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Joune Ganda Buka Kegiatan Rembuk Stanting Rating: 5 Reviewed By: admin