Latest News
Selasa, 02 Mei 2023
Dilihat 0 kali

Jadi Irup Peringatan Hardiknas dan Hari Otda, Sumendap: Guru Adalah Pahlawan


MITRA,FokuslineNews
-Memperingati Hari Pendididkan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 dan hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-27, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar Upacara yang dipusatkan di Lapangan Lobu Kecamatan Touluaan,Selasa (02/05/2023)

Adapun Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 ini adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Bupati Mitra James Sumendap,SH,MH yang bertindak sebagai  sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam sambutannya, mengatakan, bahwa, Guru selalu dikenal dengan pahlawan tanpa jasa, untuk itu dirinya mengajak bersama-sama meningkatkan dunia pendidikan di Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Mari kita tingkatkan dunia pendidikan dengan berahklak pada Tuhan Yang Maha Esa dan berkomitmen pada Negara Kesatuan Republik Indonesia,”kata Bupati.

Menurut Bupati, Guru merupakan orang-orang pahlawan yang membuat dirinya menjadi Bupati, untuk itu perlu memberikan penghargaan kepada mereka. Tetapi dengan kondisi sistem pendidikan nasional yang ada sekarang yang berbasis kinerja,berbasis teknologi dan berbasis merdeka belajar, maka para guru-guru perlu didorong untuk menyesuaikan dengan kondisi seperti ini.

“Kita sudah pernah belajar merdeka saat pandemi covid-19, ketika kita melakukan sekolah bangsawan, mengunjungi kelompok-kelompok belajar,”ucap Bupati JS.

Bupati Mitra dua periode ini, berharap prestasi anak bangsa terus ditingkatkan dirinya, memberikan penghargaan kepada mereka. Berilah yang terbaik dari pada yang terbaik untuk Bangsa.

“Kita mempunyai tanggungjawab besar perwakilan dari anak-anak yang berprestasi ini kedepan semua harus berkarya,”kata Bupati.

JS sapaan akrab Bupati Mitra ini berharap para guru-guru agar mempunyai komitmen mendukung program Presiden Jokowi dan Gubernur Olly Dondokambey dan yang paling utama adalah menjaga Negara Kesatuan Repoblik Indonesia.

“Apa artinya sekali pun anda pintar, namun tidak mencintai NKRI tidak ada artinya bagi anak bangsa, oleh karena itu proses pembelajaran berkaitan komitmen kebangsaan mulai dari anak-anak kecil yang perlu memberikan proses pembelajaran dan pemahaman,”ujar Bupati.

Dikatakannya, dihari Pendidikan Nasional juga menjadi tonggak sejarah bagi kabupaten Mitra ketika hari Otonomi Daerah (Otda) juga dilaksanakan hari ini.

“Kenapa harus ada Otda agar supaya  sisitem pendidikan dan kearifan lokal perlu dikembangkan dan dilestarikan mulai dari budaya, hingga bahasa,”tambah Bupati.

Lanjutnya, Kabupaten Mitra dengan adanya Hari Otda kita telah membentuk kurikulum yaitu dasar pemberantasan korupsi mulai dari anak sekolah SD, SMP dan itu pertama kali di Republik Indonesia.

“Kita telah membuat PERDA dimana sistem pendidikan yang ada di kabupaten Mitra, salah satunya berbasis sisitem pendidikan dasar yaitu pendidikan berkaitan dengan korupsi,”tandas Bupati.(Jay)

 

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Jadi Irup Peringatan Hardiknas dan Hari Otda, Sumendap: Guru Adalah Pahlawan Rating: 5 Reviewed By: Jay