Latest News
Rabu, 03 Mei 2023
Dilihat 0 kali

Kabupaten Minahasa Sukses Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan HKG PKK Tahun 2023



Minahasa, Fokuslinenews.com
– Kabupaten Minahasa sukses menjadi tuan rumah pada pelaksanaan puncak peringatan Hari Kesatuan (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), ke-51 tahun 2023, yang dipusatkan di gedung Wale Ne Tou Tondano, Rabu (03/05) pagi.

Peringatan HKG PKK ini dihadiri langsung Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw, Ketua PKK Provinsi Sulut Rita Dondokambey-Tamuntuan dan Wakil Ketua PKK Provinsi Sulut Dr Kartika Devi Kandouw-Tanos.

Hadir juga, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersama Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP, serta Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM MAP bersama Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong SE.

Bupati ROR berterima kasih dan mengapresiasi PKK Provinsi Sulut yang telah menunjuk Kabupaten Minahasa sebagai tuan rumah. “Terima kasih sudah menjadikan Minahasa sebagai tuan rumah. Selamat datang di Minahasa,” kata Bupati.

Kemudian, Ketua TP-PKK Minahasa Fenny Lumanauw menyampaikan garis besar lahirnya PKK. Kata dia, PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang bermula dari Seminar Home Economic di Bogor pada tahun 1957, yang menghasilkan rumusan 10 Segi Kehidupan Keluarga, ditindaklanjuti oleh Kementrian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan pada tahun 1961, yang menetapkan 10 Segi Kehidupan Keluarga sebagai Kurikulum Pendidikan Kesejahteraan Keluarga yang diajarkan di sekolah-sekolah.

Dimana, pada bulan Mei tahun 1962 di Desa Salaman Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, didirikan Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat, untuk menyebarluaskan 10 Segi Kehidupan Keluarga. Sekitar tahun 1967 kehidupan sebagian masyarakat Jawa Tengah sangat menyedihkan, khususnya di daerah Dieng Kabupaten Wonosobo
diantara mereka banyak yang menderita Honger Odeem.

Begitu selanjutnya awal berdiri PKK hingga tahun 1982, Tim Penggerak PKK Pusat dibentuk dan dipimpin oleh Ibu Amir Mahmud, istri Menteri Dalam Negeri saat itu.

“Untuk itu, lewat perjalanan sejarah yang cukup panjang ini, mari kita terus gelorakan semangat dalam setiap gerak langkah PKK,” ujarnya.

Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Tamuntuan berharap, kemeriahan dan rasa syukur dalam memperingati HKG PKK ini akan menimbulkan gelora, yang membawa semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah dan kridanya Gerakan PKK.

“Menghadapi dinamika pembangunan sebagaimana yang kita alami saat ini, maka sungguh sangat berharap agar kita sebagai Keluarga Besar Gerakan PKK, tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian kita, selaku relawan yang senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri. Karena rendah hati adalah landasan yang kokoh dari semua kebajikan,” kata Tamuntuan.

Untuk itu, dirinya meminta seluruh Pengurus dan Anggota PKK agar terus gelorakan semangat kebersamaan demi bergerak bersama, bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan sekitar. “Karena kebajikan itu, hakekatnya adalah perbuatan kita, kesadaran dan tenggang rasa terhadap orang lain dan lingkungan kita yang secara kolektif hidup di negara Indonesia tercinta ini,” tukasnya.

Sementara, Gubernur Olly Dondokambey, menyampaikan banyak selamat atas suksesnya acara HKG PKK ke-51 di Kabupaten Minahasa. Kata Gubernur bahwa peran ibu-ibu sangat sentral dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ibu-ibu tentu adalah harapan masyarakat dan rumah tangga. Jadi kalau ibu-ibu PKK aktif, Sulut tentu akan maju dan tambah hebat,” pungkasnya.

Turut hadir, Sekretaris Kabupaten Minahasa Dr Lynda D Watania MM MSi dan jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Forkopimda Minahasa, para Camat se-Kabupaten Minahasa dan para Hukum Tua se-Kabupaten Minahasa, serta para Ketua TP-PKK se-Kabupaten Minahasa.

(Prokla)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kabupaten Minahasa Sukses Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan HKG PKK Tahun 2023 Rating: 5 Reviewed By: Prokla Malingkas