Latest News
Kamis, 18 Mei 2023
Dilihat 0 kali

Sebelas Desa di Kecamatan Tombatu Menjadi Terdepan Penginputan Hasil Pengukuran IDM

MITRA,FokuslineNews-Dalam upaya mensejahterakan rakyatnya, pemerintah membuat beberapa langkah untuk meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi yang positif dan sustainable. Salah satunya adalah melalui program pembangunan desa dan untuk pelaksanaan program tersebut diperlukan ketersediaan data dasar yang dipetakkan dalam Indeks Desa Membangun (IDM).

Kali ini Kecamatan Tombatu menjadi yang pertama di Kabupaten Minahasa Tenggara dan mungkin pertama di Provinsi Sulawesi Utara dalam penginputan IDM.

Hal ini dibuktikan dengan diserahkannya berita acara penetapan status desa dalam verifikasi di tingkat kecamatan hasil pengukuran Indeks Desa Membangun tahun 2023 sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), oleh tim verifikasi yang terdiri oleh Camat Tombatu Frangky Batubuaja,SE.MM  serta Pedamping Desa Jonli Sumual dan Linda Kawuwung, di Kantor Kecamatan Tombatu, Selasa (16/05/2023)

Frangky Batubuaja menjelaskan bahwa, Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa.

“Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa,”kata Batubuaja.

Lanjut Batubuaja, dari sebelas desa yang ada di Kecamatan Tombatu, tujuh desa sudah masuk status desa mandiri, tiga desa berstatus desa maju dan satu desa berstatus desa berkembang.

“Dari Dashboard IDM Kabupaten Minahasa Tenggara yang sudah tuntas penginputan IDM, baru sebelas desa, itu artinya baru desa yang ada di Kecamatan Tombatu yang sudah tuntas dalam progres IDM,”jelas Batubuaja.

Ditambahkannya, begitu juga di Dashboard IDM Provinsi Sulawesi Utara, dari jumlah 1507 desa, baru 11 desa  yang sudah tuntas dalam progres IDM, serta dari 75.265 Desa se-Indonesia baru 301 desa selesai.

Dihadapan para Hukum Tua sekecamatan Tombatu Camat Frangky Batubuaja mengajak agar lebih semangat dalam soal capaian setiap program yang ada di desa masing-masing.

“Kekuatan kerja kita bukan masalah nilai uang yang bisa  kita dapat, tapi soal kekuatan kerja yang bisa kita capai. Terima kasih Hukum Tua dan jajaran Pemerintahan Desa, Tim P3MD, para operator serta semua yang terlibat dan sudah bekerja maksimal ,” kata Camat. (Jay)

 

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sebelas Desa di Kecamatan Tombatu Menjadi Terdepan Penginputan Hasil Pengukuran IDM Rating: 5 Reviewed By: Jay