Latest News
Kamis, 29 Juni 2023
Dilihat 0 kali

Tamuntuan Serakan Hewan Qurban di Kampung Biru

SANGIHE, FokuslineNews.com - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, Pemkab Sangihe, Pj. Bupati Sangihe dr.Rinny Tamuntuan menyerahkan menyerahkan hewan kurban secara simbolis
dilaksanakan di Kampung Biru Kecamatan Tabukan Tengah. Selasa (27/6/2023).

Dalam penyerahan kurban tersebut, Tamuntuan mengatakan sangat bahagia karena langsung bertatap muka dengan umat muslim yang ada di kampung Biru.

“Sebagai Pimpinan Pemerintahan di Daerah ini, Saya merasa berbahagia karena dapat bertatap muka sekaligus bersilaturahim dengan umat muslim yang ada di Kecamatan Tabukan Tengah, khususnya disaat ini di Kampung Biru dan sekitarnya,” kata Tamuntuan.

Lanjut dia, sebagaimana kita ketahui bersama, semua.agama mengajarkan bahwa kerelaan dan keikhlasan merupakan dua hal yang sangat penting dan mendasar, ketika seseorang mengorbankan sesuatu.

“Dalam kaitan, maka pelaksanaan Ibadah Qurban dalam menyambut Hari Raya Idul Adha memberikan pesan penting kepada kita bahwa pengorbanan yang dilakukan dengan kerelaan dan keikhlasan, disertai niat yang tulus, pada akhirnya akan mendapatkan berkat berlipat ganda dari Allah Subhanahu Wata’ala.
Karena itu, saya percaya bahwa umat muslim di Kabupaten Kepulauan Sangihe tentunya tidak hanya memaknai Ibadah Qurban sebataspenyembelihan hewan dan membagikannya kepada yang berhak menerimanya, yaitu fakir miskin dan kaum dhu’afa, tetapi lebih dari itu ada esensi dan makna filosofis yang perlu diambil di balik konteks tersebut,” ujarnya.

Kemudian Tamuntuan mengajak bahwa melalui Ibadah Qurban ini kita semua diajak agar senantiasa membersihkan hati dan jiwa dari nafsu duniawi yang sering kali melekat pada diri manusia.

“Kecintaan kita terhadap hal-hal duniawi tidak boleh mengaburkan kecintaan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala, bahkan kita diharapkan mau mengorbankan apa yang kita miliki dan apa yang kita cintai demi kepentingan umat, serta bangsa dan Negara,” sambungnya.

“Melalui momentum ini pun, saya mengajak kepada umat muslim dan semua elemen masyarakat
untuk ikut serta dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Sangihe sesuai dengan tugas dan fungsi serta profesi kita masing-masing sebagai bagian dari bentuk pengorbanan diri untuk berbuat yang terbaik bagi Daerah yang kita cintai. Kerelaan dan keikhlasan kita semua, termasuk di dalamnya keterlibatan umat muslim yang ada di daerah ini dalam mempercepat akselarasi pembangunan di daerah ini, akan sangat membantu terwujudnya kemajuan Daerah kita menjadi lebih maju dan sejahtera. Saya mengajak kepada kita sekalian untuk tetap mempertahankan situasi kondisi keamanan yang kondusif, sambil merekatkan perbedaan di tengah- tengah kemajemukan agama dan suku bangsa,” imbuhnya.

Lebih lanjut lagi, sebagai satu kekuatan sekaligus modal dasar untuk membangun harmonisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“ Diakhir sambutanyaTamuntuan menyerahkan hewan qurban dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe. Disampaikan kepada kita sekalian bahwa, pemberian ini didasari atas kerelaan dan keikhlasan. Selain itu, hewan kurban ini telah memenuhi standart basuh (bersih, aman, sehat, utuh dan halal) untuk dikonsumsi. Kiranya ini bermanfaat," kuncinya.

(dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tamuntuan Serakan Hewan Qurban di Kampung Biru Rating: 5 Reviewed By: admin