Latest News
Senin, 17 Juli 2023
Dilihat 0 kali

Bawaslu RI Usulkan Pilkada Ditunda, Liando: Pertimbangkan Resikonya

(Ferry Daud Liando)

MANADO,FokuslineNews--
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengusulkan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah atau pilkada ditunda. Bawaslu berasalasan karean ancaman keamanan dalam negeri.

Dosen Kepemiluan FISIP Unsrat, Ferry Daud Liando mengatakan bahwa usulan tersebut perlu mempertimbangkan banyak hal seperti harus merevisi undang-undang Pilkada, Selasa (18/07/2023) .

Liando menjelaskan, Pasal 201 ayat 8 UU 10 Tahun 2016 tentang Pilkada menyebutkan, Pemungutan suara serentak nasional dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dilaksanakan pada bulan November 2024.

“Jika ditunda maka memerlukan revisi UU. Kemudian sejak 2021 hingga saat ini, pelaksanaan Pilkada telah ditiadakan. Untuk mengisi jabatan kepala daerah, diangkat penjabat oleh pemerintah pusat,” katanya.

Bagi kepala daerah yang baru menjabat 1 periode, lanjut Liando tentu mereka mengalami kerugian hak-hak politik karena tidak bisa melanjutkan periode kedua karena Pilkada ditiadakan.

“Jika ternyata Pilkada tidak dilaksanakan pada tahun 2024, maka mereka mengalami ketidakadilan konstitusional dan hak-hak politik,” ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya lagi, disatu sisi penundaan Pilkada bukanlah sesuatu yang mustahil di tahun 2024. “Bagi saya, pelaksanaan Pilkada pada tahun 2024 sangat beresiko. Sebab Pemilu baru akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Tahapan pemilu belum selesai tapi tahapan Pilkada sudah harus dimuai, misalnya soal pemutahiran data pemilih,” ucapnya.

Liando menuturkan, tahapan Pilkada harus sudah dimulai 11 bulan sebelum tanggal pencoblosan. Jika Pilkada 2024 dilakukan pada November 2024, maka tahapan Pilkada sudah harus dimulai pada Desember 2023 mendatang.

Begitupun dengan kelembagaan penyelenggara Ad hoc Pemilu dan Pilkada diatur dalam dua undang-undang yang berbeda, maka ada hal yang berpotensi terjadi, yaitu adanya PPK, Panwascam, PPS atau PKD Pemilu dan akan terdapat juga PPK, Panwascam, PPS atau PKD Pilkada.

Kemudian daftar pemilih yang akan digunakan pada 14 Februari 2024 belum juga akan digunakan, tapi proses penyusunan daftar pemilih untuk Pilkada sudah harus dilakukan.

“Padahal salah satu sumber data dalam penyusunan daftar pemilih pilkada adalah menggunakan daftar pemilih yang digunakan pada pemilu terkahir,” ujarnya.

Resiko lainnya adalah potensi adanya sengekta hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK). Putusan MK sangat bervariasi. Ada perintah untuk Pemilu ulang dan bisa akan berkali-kali. Dengan demikian, konsentrasi penyelenggara maupun pihak kepolisian akan tidak fokus karena menghadapi dua kegiatan pemilihan.

Presiden terpilih pada 14 Februari 2024 baru akan dilantik pada oktober 2024. Pengalaman pada pilpres 2019, proses menuju pelantikan ditandai dengan kerusuhan dan kekacauan. Kondisi negara yang belum kondusif akibat Pilpres, kemudian langsung diperhadapkan pada dinamika Pilkada yang juga rentan dengan konflik dan kerusuhan.

Permaslahan lain adalah risiko keuangan negara. Pemilu 2024 akan menghabiskan anggaran 76 triliun. Kemungkinan bisa mencapai 100 triliun karena terdapat juga lembaga lain yang mengurusi pemilu seperti TNI/Polri, Lembaga peradilan, Kementerian maupun pemerintah daerah.

“Jika di total dengan Pilkada, maka kemungkinan anggarannya akan mencapai 150 hingga 200 triliun. Dalam tahun yang sama pemerintah juga akan mebiayai pemindahan Ibu Kota dengan kisaran anggaran 500 triliun. Resiko akan meningkatkan angka kemiskinan, karena anggran negara digunakan untuk pembiayaan itu. Rakyat miskin akan picu kriminal dan kejahatan. Ancaman adanya kerusahan dan perpecahan bangsa harus dapat diantisipasi,” tandasnya.

(Jay)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bawaslu RI Usulkan Pilkada Ditunda, Liando: Pertimbangkan Resikonya Rating: 5 Reviewed By: Jay