Latest News
Minggu, 23 Juli 2023
Dilihat 0 kali

Bupati Joune Ganda Hadiri Launching Kampung Moderasi Beragamadi Desa Warisa

Minut, FokuslineNews - Kementerian Agama Minahasa Utara menggelar lounching kampung moderasi beragama (KMB) bertempat di Desa Wori, Kecamatan Wori  Kabupaten Minahasa Utara, Minggu (23/07/2023).

Acara yang dilaksanakan di halaman Gereja GMIM Immanuel Wori tersebut ditandai dengan pelepasan burung dan penandatanganan prasasti kampung moderasi beragama. Desa Wori dan 3 desa lainnya di Kecamatan Wori ditetapkan sebagai kampung moderasi beragama melalui kajian dan dinyatakan layak dalam merawat kerukunan dan harmoni hidup dalam perbedaan di tengah masyarakat.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulut,  H. Sarban Sehe, S.Ag., M.Pdi.,mengatakan penetapan desa Wori dan 3 desa lainnya sebagai kampung moderasi beragama betul -betul  telah mencerminkan desa yang bermoderasi agama dalam konteks berbangsa dan bernegara atau sebagai warga negara.

Tiga (3) desa lainnya telah ditetapkan sebelumnya yaitu Desa Laikit, Desa Tountalete, dan Desa Maen, ketiga desa ini merupakaan binaan Bimas Kristen, sedangkan desa wori yang dilaunching merupakan binaan Bimas islam, ini menjadikan Kabupaten Minahasa Utara merupakan satu satunya kabupaten di Provinsi Sulut dengan 4 desa moderasi agama sehingga menujukan  kabupaten Minahasa utara memiliki  komitmen kebangsaan, dan toleransi yang tinggi.

Sementara itu, Bupati Minut Joune J.E. Ganda., S.E., MAP., M.M., M.Si, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasih, atas ditetapkanya Kampung Moderasi Beragama Kemenag Minahasa Utara Tahun 2023 di Desa Wori, Kecamatan Wori. Karena lewat penetapan ini menunjukkan kabupaten Minahasa utara merupakan kampung yang bermoderasi agama, Biarlah program ini tetap dilanjutkan sebagai wujud dedikasi untuk negeri, menjadi pilar untuk toleransi umat beragama”.

Bupati Minut juga mengingatkan dalam waktu dekat  akan memasuki tahun Politik, mari kita Saling menghargai, jangan saling memaksakan kehendak kepada orang lain, sehingga diharapkan moderasi /toleransi beragama di Minahasa Utara tetap terjaga.

Agenda  ini turut di hadiri oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Minahasa Utara, Ibu Pdt. Chintya Sepang bersama jajaran, unsur FORKOPIMDA Minahasa Utara, Ketua FKUB Minahasa Utara, Ketua MUI Minahasa Utara, perwakilan 5 pimpinan Agama di Kabupaten Minahasa Utara.

 
(DL)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bupati Joune Ganda Hadiri Launching Kampung Moderasi Beragamadi Desa Warisa Rating: 5 Reviewed By: admin