Latest News
Jumat, 14 Juli 2023
Dilihat 0 kali

Tamuntuan Bersama Tim Kemendes Survei Lokasi Pembangunan Homestay di Pulau Nitu

SANGIHE, FokuslineNews - Upaya Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe, Rinny Silangen Tamuntuan (RST) untuk membangun sektor pariwisata, mulai membuahkan hasil.

Hal itu di buktikan dengan hadirnya tim dari Kementerian Desa, dalam rangka melakukan survey lokasi akan di bangunnya homestay di pulau Nitu Kampung Para Kecamatan Tatoareng, Kamis (13/07/23).

Tim terdiri dari dua orang yakni, Raihan Syawali, Analis Mitigasi Bencana dan Wahid Ilham, PPNP Direktorat PSPDP, Kementerian Desa.

Tim Kemendes di dampingi langsung oleh Bupati, Dinas PMDD, Dinas Pariwisata, Perkim dan instansi terkait lainnya.

Berangkat dari Tahuna menuju pulau Para, menggunakan kapal cepat. Tiba di Para, Tim pun disambut secara adat, selanjutnya menuju balai Kampung, setelah itu menuju pulau Nitu, bersama Camat Tatoareng dan Kapitalaung Para.

Disana Tim Kemendes langsung melakukan survey untuk lokasi pembangunan homestay, usai survei Tim pun sejenak menikmati pemandangan indah pulau Nitu, sambil disuguhkan kelapa muda yang disiapkan oleh perangkat Kampung.

Bupati  dan Tim Kemendes, balik menuju kampung Para, langsung melaksanakan dialog dengan masyarakat seputar rencana pembangunan homestay di pulau Nitu dan pengembangan pariwisata di Kampung Para.

Dalam dialog tersebut, Bupati mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam mengembangkan potensi pariwisata di pulau Para dan Nitu.

"Kita harus saling mendukung untuk pembangunan sektor pariwisata di kampung Para ini, termasuk rencana pembangunan selter di pulau Nitu, Tim dari kementerian ini akan mengumpulkan semua data dan dokumen pendukung untuk pembangunan selter tersebut, jadi mohon di layani dengan baik dan berikan pelayanan yang membuat Tim terkesan akan keramahtamahan masyarakat di kampung Para ini" kata Tamuntuan

Ia melanjutkan, potensi pariwisata di kampung Para akan menjadi pilot projek dalam pengembangan pariwisata di Sangihe. Lantas bagaimana menuju Desa Pariwisata itu, harus ada upaya dan kerjasama semua pihak baik Pemerintah maupun masyarakat.

Menurut Bupati, upaya mendorong Kampung Para menjadi prioritas pengembangan pariwisata bukanlah hal main-main, namun di lakukan dengan penuh perjuangan dan dedikasi alhasil Kemendes pun merespon usulan Pemerintah Daerah.

"Untuk mendorong Kampung Para ini menjadi salah satu pilot projek pengembangan pariwisata bukanlah hal mudah, namun kami dengan sungguh-sungguh telah melakukan berbagai upaya, akhirnya hari ini upaya tersebut mulai ada titik terangnya". ucap Tamuntuan.

Raihan Syawali, Analis Mitigasi Bencana Kemendes, mengatakan, kehadiran timnya sebagai bagian dari tindak lanjut usulan Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati, untuk pengembangan pariwisata, sehingga perlu dilakukan survey lokasi.

"Pulau Nitu sebagai calon untuk dibangunnya homestay, kami sudah turun langsung melakukan survey lokasi dan survey potensi wisata, selain melakukan survey, kami juga akan mengumpulkan dokumen pendukung untuk kami bawa ke Jakarta" kata Syawali.

Ia menjelaskan, usulan Bupati, menjadi salah satu prioritas untuk di tindak lanjuti, namun ia enggan membeberkan apakah pulau Nitu sudah memenuhi syarat untuk di bangunnya homestay.

Camat Tatoareng, Nezar Tumbale, menyampaikan apresiasi dan Terima Kasih kepada Bupati dan Tim Kemendes yang sudah mempercayakan kampung Para untuk di kembangkan sektor pariwisatanya.

"Kami selaku Pemerintah di wilayah Kecamatan Tatoareng, mengapresiasi dan berterima kasih atas upaya Ibu Bupati yang boleh memperjuangkan Kampung Para sebagai Desa Wisata, disana akan di bangun fasilitas pendukung, juga buat Tim Kemendes kami sampaikan terima kasih". papar Tumbale, di dampingi Kapitalaung Para.

Tim Kemendes dan Dinas Pariwisata dan tim lainnya menetap di Para hingga besok hari, sedangkan Bupati dan rombongan lainnya kembali ke Tahuna.

(dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tamuntuan Bersama Tim Kemendes Survei Lokasi Pembangunan Homestay di Pulau Nitu Rating: 5 Reviewed By: admin