Latest News
Minggu, 03 September 2023
Dilihat 0 kali

Lobi Tamuntuan di Pusat, Sangihe Kecipratan Anggaran 44,4 Miliar


SANGIHE Fokuslinenews - Pemerintah pusat melalui Kementrian Perhubungan RI, akhirnya menyetujui anggaran yang diusulkan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tahuna senilai Rp44,4 untuk tambahan pembangunan panjang dan lebar dermaga pelabuhan Nusantara Tahuna pada Tahun Anggaran 2024.


Hal tersebut dikemukakan Kepala KUPP Kelas II Tahuna, Hopreit Balirangen melalui Kordinator Tim Sosial Media Response (SMR) Meifrid Palenewen, kepada.


“Usulan anggaran yang kami sampaikan ke Kementrian Perhubungan sebesar Rp66 miliar untuk tambahan pembangunan panjang dan lebar dermaga, telah disetujui dengan nilai Rp44,4 miliar, sehingga pelaksanaan pekerjaannya akan dimulai tahun 2024,” ujar Meifrid.


Lebih lanjut, Meifrid mengatakan, turunnya anggaran tersebut tak lepas dari dukungan pemerintah daerah dalam hal ini, Penjabat (Pj) Bupati Sangihe Rinny Silangen Tamuntuan (RST) yang kala itu turut bersama-sama dengan Tim dari UPP Tahuna, saat mendatangi kantor Kemenhub RI di Jakarta, yang kemudian disambut langsung pejabat di Ditjen Hubla.


Ia menambahkan, selain untuk pembangunan tambahan panjang dan lebar dermaga dengan ukuran panjang 35 meter dan lebar 20 meter, anggaran senilai Rp44,4 miliar itu, sebagiannya akan digunakan untuk penataan areal pelabuhan dan pembangunan gudang, juga akan dibangun empat unit toilet di luar terminal penumpang.


Tak hanya itu UPP Tahuna, menurut Meifrid, saat ini sedang mepersiapkan rencana induk pelabuhan Pulau Lipang dan Pelabuhan Pulau Matutuang dalam rangka untuk rehabilitasi kedua pelabuhan tersebut, yang telah mengalami kerusakan, khususnya dermaga Pulau Lipang yang patah akibat dihantam gelombang besar dalam waktu yang cukup lama.


Dia berharap, sinergitas antara UPP Tahuna dengan Pemerintah Daerah yang telah terjalin dengan baik, akan terus ditingkatkan demi kemajuan Kabupaten Kepulauan Sangihe, sebagai daerah terluar yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Filipina. 


Sementara itu, kata Bupati, keberhasilan itu berkat dukungan dan masyarakat, "Intinya saya hanya ingin membangun Sangihe, bekerja dan bekerja, hal yang membuat saya bangga dimana berkat dukungan dan doa masyarakat, lobi anggaran di Pusat satu persatu terjawab" kuncinya.

(dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Lobi Tamuntuan di Pusat, Sangihe Kecipratan Anggaran 44,4 Miliar Rating: 5 Reviewed By: admin