Latest News
Kamis, 14 September 2023
Dilihat 0 kali

Sosialisasi Ranperbub RDTR Untuk Penyelamatan Danau Tondano




Minahasa, Fokuslinenews.com-
Danau Tondano merupakan salah satu dari 15 Danau Prioritas Nasional sesuai  Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2021 tentang Penyelamatan Danau Prioritas Nasional.

Terkait hal tersebut, Pemkab Minahasa menggelar sosialisasi rencana detail tata ruang (RDTR) kawasan Danau Tondano yang kegiatannya dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Lynda Watania, dilaksanakan di Yama Resort Tondano, Kamis (14/09).

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Minahasa Daudson Rombon menjelaskan bahwa tujuan RDTL ini untuk penyelamatan Danau Tondano Dimana, pengembangan dan pelaksanaan kegiatan-kegiatan di seputaran danau ini diatur sebagaimana PerPres nomor 60 tahun 2021, tentang penyelamatan Danau Prioritas, salah satunya Danau Tondano.

"Danau ini telah mengalami beberapa prilaku yang mengakibatkan kerusakan kerusakan, oleh karena ketika ada Perbub terkait RDTL dikawasan danau Tondano, maka danau ini akan terselamatkan," tuturnya.

Termasuk bagaimana mengatur masyarakat dalam menggunakan ruang ruang yang sudah ada di seputaran danau itu sendiri sehingga memiliki nilai ekonomis termasuk penyelamatan terhadap danau itu sendiri.

Lanjut menurut Kadis Rombon bahwa dengan adanya RDTR ini, maka masyarakat akan memahami bahwa ada zonasi-zonasi peruntukan lahan, agar mengendalikan penggunaan lahan sebagaimana yang sudah diatur.

“Jadi, nanti ada lahan mana yang boleh menjadi pemukiman, area pariwisata, dan area pertanian yang tidak boleh dijadikan pemukiman. Itu semua nantinya diatur dalam Ranperbup RDTR ini, dimana mengatur masyarakat dalam memanfaatkan ruang-ruang yang sudah ada disekitarnya, sehingga memiliki nilai ekonomis namun tidak mengabaikan penyelamatan danau itu sendiri,” ujarnya.

Pada sosialisasi ini, menghadirkan beberapa narasumber yakni, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi tentang RDTR Dalam Percepatan Investasi, Kepala Bappelitbangda Minahasa Philip Siwi SE tentang Rancangan Peraturan Bupati Minahasa tentang RDTR Kawasan Sekitar Danau Tondano, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Dr Ir Margaretha Ratulangi MAP tentang Alih fungsi Lahan Sawah. (Prokla)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sosialisasi Ranperbub RDTR Untuk Penyelamatan Danau Tondano Rating: 5 Reviewed By: Prokla Malingkas