Latest News
Kamis, 26 Oktober 2023
Dilihat 0 kali

Menstabilisasi Bahan Pokok Dan Menekan Angka Inflasi, Pemerinta Daerah Gelar Pasar Mura


SANGIHE FokuslineNews - Menstabilisasi harga bahan pokok masyarakat dan menekan angka inflasi, Pemerintah Kabupaten Sangihe  mengadakan operasi pasar murah bertempat dihalaman kantor kecamatan Tamako. Kamis (26/10/2023).


Pasar murah tersebut terselenggara melalui dinas Perindag Sangihe, dinas Pangan, BULOG, serta Utama mini market Tamako, dan Megaria Supermarket, kemudian ditinjau langsung penjabat Bupati Sangihe dr.Rinny Tamuntuan agar masyarakat mendapatkan harga bahan pangan terjangkau.


Penjabat Bupati dalam arahannya menyampaikan puji syukur kepada Tuhan bisa berkumpul ditempat ini dalam Pemkab Sangihe menggelar gerakan pasar murah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis serta penyerahan bantuan baik dari dinas kesehatan, dinas sosial, dan penyerahan nomor induk berusaha (INB).


"Nomor induk berusaha ini adalah ijin yang telah berbasis resiko diterbitkan oleh pemerintah bagi pelaku usaha,"ucap Tamuntuan.


Mudahnya dokumen resmi pelaksanaan kegiatan berusaha ini juga tambah Tamuntuan, termasuk ijin kegiatan usaha dan juga sebagai syarat untuk mendapatkan fasilitas modal usaha dari perbankan, kemudian juga sebagai syarat sebagai distributor beras SPHT dari Bulog dengan harga het kepada masyarakat untuk para pelaku usaha sembako.


"Jadi disini ada 4 orang yang akan diberikan Nomor induk berusaha (NIB). Tentunya kita bersyukur ditengah - tengah keadaan kita saat ini sudah maumemasuki akhir tahun, jadi biasanya dengan memasuki akhir tahun dengan adanya acara keagamaan memasuki Natal dan Tahun baru ( Nataru), biasanya harga sembako harga kebutuhan dasar kita biasanya sudah merangkak naik,"ujar Tamuntuan.


Menurut Tamuntuan, tentunya saat ini pemerintah hadir ditengah - tengah masyarakat untuk memudahkan masyarakat memperoleh bahan - bahan kebutuhan dasar.


"Jadi seperti saat ini ada gerakan pasar murah seperti beras yang murah untuk kebutuhan sehari - hari, ada juga tepung, gula, daging ayam, minyak kelapa dan sebagainya. Dan saat ini kami juga membantu  kelompok - kelompok tani untuk menjual hasil panen mereka Karena saat ini juga rica sudah mulai naik. Jadi untuk itu juga kami memudahkan baik memudahkan kelompok tani untuk menjual hasil panen mereka, dan juga memudahkan masyarakat,"bebernya.


Lanjut dia, karena dengan adanya gerakan pasar murah ini, harga dipasar tentunya berbeda dengan harga yang ada dipasar murah.


"Karena pasar murah ini tidak setiap hari dilakukan. Jadi untuk itu didalam kesempatan dimana kalau ada gerakan pasar murah ditingkat kecamatan, tentunya bapak ibu sekalian harus betul - betul mengambil waktu karena berbeda harganya dengan dipasar. Contoh dipasar harga beras 15 ribu rupiah perkilo, di gerakan pasar murah ini dengan harga  10.200 rupiah, Jadi sangat lumayan bedanya,"jelasnya.


Lebih lanjut lagi, saat ini pemerintah juga hadir dengan kegiatan - kegiatan untuk memudahkan masyarakat. 


"Namun kami memang akan hadir seperti bergiliran di 15 kecamatan, dan tidak setiap hari berada di Tamako, ntinya besok pindah lagi. kemarin di kecamatan Manganitu karena sebelumnya di Tabukan Utara. Jadi semua 15 kecamatan mendapat giliran karna kami pemerintah ini melayani masyarakat, bukan kami dilayani oleh masyarakat,"ungkap orang nomor satu di Sangihe.


Usai meninjau pasar murah dan pengobatan gratis, Penjabat Bupati juga menyerahkan Ijin Nomor induk berusaha (NIB) kepada 6 orang pengusaha yang ada di kecamatan Tamako, dan Penyerahan Antropometri KIT dari kementrian kesehatan melalui dinas kesehatan kabupaten Sangihe 6 kampung yang ada di wilayah puskesmas Dagho  dan 9 kampung di wilayah puskesmas Siloam Tamako. 

(dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Menstabilisasi Bahan Pokok Dan Menekan Angka Inflasi, Pemerinta Daerah Gelar Pasar Mura Rating: 5 Reviewed By: admin