Latest News
Kamis, 23 November 2023
Dilihat 0 kali

Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Rawan Bencana




Minahasa, Fokuslinenews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa menggelar sosialisasi komunikasi informasi dan edukasi daerah rawan bencana dibeberapa lokasi di Minahasa.

Kaban BPBD Kabupaten Minahasa Lona Wati mengatakan Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengurangi resiko di daerah rawan bencana di Kabupaten Minahasa.

"Kegiatan ini dilakukan di beberapa kecamatan yang ada di Minahasa, memberikan sosialisasi kepada masyarakat bagaimana mengantisipasi terjadinya bencana," kata Kaban BPBD.

"Masyarakat diberikan pemahaman  meliputi informasi mengenai bencana, daerah rawan bencana, ancaman bencana, kerentanan, kapasitas masyarakat serta kebijakan pemerintah dalam penanggulangan bencana dan upaya-upaya yang telah dan harus dilakukan dalam upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana," jelasnya.

Hal yang sama dikatakan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Minahasa Merel Sumarauw, dimana Pemerintah dalam hal ini BPBD selalu berupaya untuk memberikan penjelasan, sosialisasi kepada masyarakat terkait antisipasi terjadinya bencana.

"Secara maraton kami akan  melaksanakan kegiatan Sosialisasi Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Daerah Rawan Bencana di setiap kecamatan yang termasuk daerah rawan bencana tsunami, rawan longsor, rawan angin puting beliung dan rawan banjir Rob," kata Kabid Merel.

"Upaya ini juga kami sampaikan kepada masyarakat agar dapat bagaimana cara mengantisipasinya dimanapun berada, sebab bencana itu tidak ada yang tau kapan dan dimana saja akan terjadi, ininya tetap waspada dan jangan panik," jelasnya. 

"Diharapkan kepada Pemerintah Desa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk selalu memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang ada," tutupnya. (Prokla)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sosialisasi dan Edukasi Masyarakat Rawan Bencana Rating: 5 Reviewed By: Prokla Malingkas