Latest News
Kamis, 21 Maret 2024
Dilihat 0 kali

Kadis Pertanian Minut Sambut Kunjungan Perwakilan FAO

 

MINUT, KLIKBERITA.CO - Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, melalui Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Utara, Ir Wangke S. Karundeng, telah menerima kunjungan Perwakilan Food and Agriculture Organization (FAO) untuk Indonesia dan Timor Leste, Mr. Rajendra Aryal,  Rabu (20/3/2024) pagi.

Kunjungan ini merupakan hasil ekspansi Bupati Joune Ganda ke luar negeri melalui lobi-lobi ke PBB dalam hal ini Food and Agriculture Organization (FAO) atau Badan Pangan dan Pertanian dunia.

Dimana Kabupaten Minut kini dijadikan pilot project pembangunan ekosistem pertanian, peternakan yang berkelanjutan dan inklusif, khususnya menyangkut peternakan babi.

Sehingga digelar Peluncuran Program Community ASF Biosecurity Intervention (CABI) di wilayah percontohan Provinsi Sulawesi Utara yaitu Kabupaten Minut.

“Upaya serta kerja keras Bupati telah membuahkan hasil, karena selain mendapat kehormatan dikunjungi salah satu petinggi organisasi PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) yang membidangi sektor pangan dan pertanian, Kabupaten Minahasa Utara juga didaulat sebagai pilot project FAO,” kata Wangke Karundeng.

Hebatnya lagi, ungkap Wangke, Kabupaten Minut menjadi satu-satunya di Sulut yang mendapat kepercayaan mengeksekusi program yang bersinggungan langsung dengan peternak babi ini.

Diketahui, selain ada pelatihan kepada para peternak (babi), tim yang berkolaborasi dengan Balai Besar Veteriner Maros ini juga menyalurkan bantuan kepada para peternak skala kecil.

“Selain edukasi, ada juga bantuan-bantuan yang diberikan untuk mendukung program bio security yang termasuk di dalamnya adalah disinfektan hingga vitamin-vitamin,” tuturnya.

Ia berharap melalui upaya yang sudah dilakukan Bupati ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya peternak babi yang sebagaimana diketahui bersama belum lama ini dihantam wabah flu babi.

Sementara itu, Ketua Substansi Perlindungan Hewan, drh. Fira firgorita, mengatakan, salah satu tujuan kedatangan tim ke Kabupaten Minut ialah untuk memberikan perlindungan kepada para peternak skala kecil agar bisa tetap bertahan usai dilanda wabah flu babi.

“Selama tiga bulan tim kita akan menggelar pelatihan serta pendampingan kepada para peternak di sini sehubungan dengan bio security dengan harapan agar mereka (peternak) boleh survive usai dilanda wabah flu babi kemarin,” terangnya.

(Ipul)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kadis Pertanian Minut Sambut Kunjungan Perwakilan FAO Rating: 5 Reviewed By: admin