Latest News
Jumat, 22 Maret 2024
Dilihat 0 kali

Tamuntuan Buka Giat Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja 2024


SANGIHE Fokoslinenews - Forum Perangkat daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe yang dilaksanakan merupakan ketentuan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 Pada Pasal 136 dalam rangka penyusunan rencana kerja. Dimana proses penyelenggaraan pembangunan dilaksanakan secara bersama-sama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Forum Perangkat Daerah merupakan wahana antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat atau dampak dari program dan kegiatan perangkat daerah sebagai perwujudan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah,  Pada Forum Perangkat Daerah yang kita laksanakan hari ini, akan membahas rancangan rencana kerja perangkat daerah dengan

menggunakan prioritas program dan kegiatan yang dihasilkan dari musrenbang tingkat kecamatan, sebagai bahan untuk menyempurnakan rancangan rencana kerja perangkat daerah. Kata Tamuntuan dalam sambutanya.

Lanjutnya " perencanaan merupakan suatu hal yang penting dalam menjalankan suatu program atau kegiatan, karena perencanaan merupakan suatu proses untuk menentukan tindakan masa depan yang tepat, melalui urutan pilihan dengan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia. Untuk itu, perencanaan harus dapat memberikan arahan bagi peningkatan pengembangan sosial ekonomi dan kemampuan masyarakat sehingga diperlukan adanya sinkronisasi dan sinergitas antara rencana program dan kegiatan oleh perangkat daerah dengan rencana kegiatan masyarakat

dan pemangku kepentingan yang ada. Salah satu rangkaian proses perencanaan tersebut adalah forum perangkat daerah yang kita laksanakan pada hari ini, ungkapnya.

Pelaksanaan forum perangkat daerah memiliki arti penting dalam rangka mengawal kepentingan dari aspirasi masyarakat yang terangkum dalam hasil musrenbang pada tingkat kecamatan. 

Oleh karena itu pada kesempatan ini ada beberapa hal yang penting kami sampaikan dan ingatkan kembali kepada kita semua, yaitu Kepada para kepala perangkat daerah agar betul-betul memperhatikan program kegiatan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan masyarakat.,Dengan keterbatasan kemampuan keuangan daerah, kita semua dapat menyikapi permasalahan ini dengan menyusun rencana kerja perangkat daerah yang lebih komprehensif dengan memanfaatkan anggaran yang tersedia secara optimal, efisien, dan efektif. Perangkat daerah dituntut untuk cermat dalam alokasi dan penggunaan anggaran agar benar-benar dapat dimanfaatkan sesuai dengan prioritas yang tepat menurut kondisi. Ucapnya

potensi dan kebutuhan masing-masing kecamatan atau desa. Selain itu, para kepala perangkat daerah harus punya inovasi dalam menggali dan memanfaatkan segala potensi sumber pembiayaan, baik melalui APBN, APBD, maupun swasta dan masyarakat.

Ketiga Pada pelaksanaan forum perangkat daerah ini, saya mengharapkan kepada para camat agar dapat memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan perangkat daerah serta dapat memberikan masukan atau solusi dalam mengatasi persoalan yang ada pada wilayah kecamatannya., Kepada seluruh peserta forum perangkat daerah, khususnya kepala Perangkat Daerah dan jajarannya serta delegasi kecamatan, untuk mengikuti rangkaian pelaksanaan kegiatan ini secara serius hingga selesai. Kuncinya. (dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tamuntuan Buka Giat Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja 2024 Rating: 5 Reviewed By: admin