Latest News
Kamis, 04 April 2024
Dilihat 0 kali

Sidang Sengketa Pilpres di MK Hakim MK Arief Ngaku Tergelitik Lalu Takut gegara Tulisan Ahli Prabowo


Jakarta, FokuslineNews - Sidang sengketa hasil Pilpres 2024 itu digelar di ruang sidang MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2024). Sidang dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo.

Dalam paparannya, Prof Aminuddin mengatakan, membatasi kewenangan MK dalam mengadili sengketa Pilpres 2024, hanya pada perselisihan hasil atau perolehan suara. Sementara, katanya, sengketa proses adalah kewenangan Bawaslu.

Bila MK melampaui pada sengketa proses, maka katanya, hal itu adalah tindakan yang melampaui kewenangan hingga penyalahgunaan kewenangan. Kesimpulan Aminuddin itu kemudian yang membuat Arief merasa tergelitik. Bahkan, katanya, dirinya merasa takut.

"Saya tergelitik dengan tulisan Prof Aminuddin yang mengatakan begini, di halaman 2 'Sebab, kalau sampai hal tersebut dilakukan maka tindakan atau perbuatan yang dilakukan Mahkamah tentu saja bisa dikategorikan sebagai sebuah tindakan atau perbuatan yang melampaui kewenangan' dari sisi di sini itu masih halus

"Tapi kemudian diteruskan 'Sebagaimana dijelaskan dalam konsep hukum administrasi pemerintahan', memang core business-nya Prof Aminuddin di bidang hukum administrasi pemerintahan kalau saya lihat CV, 'bahwa perbuatan atau tindakan di luar apa yang menjadi kewenangan tersebut sebagai tindakan atau perbuatan yang melampaui kewenangan dan merupakan bagian dari penyalahgunaan kewenangan serta tidak tidak sesuai dengan asas kepastian hukum dan asas legalitas sebagai bangunan kokoh sebuah konsepsi negara hukum yang demokratis atau negara demokrasi yang berdasarkan hukum'," sambungnya.

"Sepanjang yang dikaitkan dengan apa yang menjadi kepentingan perselisihan hasil sebenarnya tidak menjadi masalah, seperti yang saya katakan tadi bahwa manakala misalnya Mahkamah menemukan ada hal dari hasil perolehan suara, ya, tetap kaitannya dengan perselisihan," ujar Aminuddin.


#ferdiansyah#

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Sidang Sengketa Pilpres di MK Hakim MK Arief Ngaku Tergelitik Lalu Takut gegara Tulisan Ahli Prabowo Rating: 5 Reviewed By: admin