Latest News
Jumat, 31 Mei 2024
Dilihat 0 kali

Figur Sentral RST - HRM Bakal Lupakan Pilkada Sangihe 2024



SANGIHE, Fokuslinenews - Hal yang menarik jika  Rinny Tamuntuan bakal lupakan Pilkada Sangihe dan lebih melirik Pilwako Tomohon sebagai papan dua mendampingi Cawali Caroll Senduk yang akan diusung PDI Perjuangan.

Sebelumnya, juga berdar kabar jika Ketua DPC PDI Perjuangan Sangihe, Hironimus Rompas Makagansa, atau yang lebih akrab disapa Ompa, legowo tidak maju Cabup dan memilih zona nyaman sebagai Ketua DPRD Sangihe.

Dengan adanya isu kuat batalnya Rinny-Hironimus, sudah pasti langsung mempengaruhi konstelasi Pilkada Sangihe, sebab baik Rinny maupun Hironimus sama-sama figur sentral yang diyakini mampu menuai sukses jika diusung Cabup oleh PDI Perjuangan.

Sejauh ini belum ada konfirmasi jelas terkait isu ini, sebab baik Ompa maupun Rinny sama-sama memberikan jawaban menggantung ketika dikonfirmasi.

“Memang sempat ada opsi kalau saya akan ke Pilwako Tomohon, tapi hingga saat ini belum ada rekomendasinya,”ujar Rinny lewat ponsel.

“Diinternal PDI Perjuangan partai yang akan menunjuk Cabup-Cawabup ” demikian kata Hironimus dikonfirmasi beberapa waktu lalu.

Sementara itu, lepas dari isu tersebut, atau seandainya benar Rinny-Ompa tidak maju di Pilkada Sangihe, masih ada sejumlah figur Cabup potensial baik diinternal partai maupun luar partai yang siap menggantikannya.

Dinternal partai misalnya, ada nama Sekretaris DPC PDI Perjuangan Sangihe, Ferdy Sondakh yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Sangihe, serta sejumlah anggota fraksi, diantaranya Benhur Takasihaeng, peraih suara terbanyak internal partai di Pileg 2024 yang juga mantan Ketua DPRD Sangihe.

“Pak Ferdy dan pak Benhur, sama-sama berpotensi maju Cabup, keduanya juga termasuk figur sentral jajaran partai penerus pak Hironimus. Mungkin yang diharapkan keduanya punya nyali untuk mundur dari DPRD jika ingin maju Cabup,”ujar sejumlah kader Banteng Moncong Putih.

Selain figur internal partai, sejumlah pengusaha papan atas Sangihe juga mulai didorong untuk maju Cabup dari partai pemenang Pileg Sangihe 2024, salah satunya, Hendra Seliang, atau yang lebih dikenal Ko Ance.

Hendra selain sudah fokus jadi pengusaha, juga mantan politisi ketika beberapa tahun silam pernah menjabat bendahara DPD II Partai Golkar Sangihe,

Namun pada Pileg 2024, ayah kandung dari Aditya Seliang, Caleg DPRD Provinsi Sulut yang diusung PDI Perjuangan di Pileg 2024, telah seirama dengan PDI Perjuangan ketika Aditya maju caleg.

Begitu pun dengan menculnya kembali dipanggung politik, kini nama Hendra Seliang mulai diperhitungkan sebagai representatif Cabup berlatar belakang pebisnis, yang diharapkan bisa merubah warna kepemimpinan orang nomor satu di Sangihe yang selalu identik dengan figur politisi dan mantan birokrat.

“Akan seru Pilkada Sangihe jika Ko Ance maju Cabup, beliau akan tercatat sebagai figur pebisnis pertama yang akan maju di Pilkada Sangihe.,”ungkap Pemerhati Politik Sangihe, Montesky Kawuka.

 (dys)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Figur Sentral RST - HRM Bakal Lupakan Pilkada Sangihe 2024 Rating: 5 Reviewed By: admin