Latest News
Minggu, 02 Juni 2024
Dilihat 0 kali

Bawaslu Minsel Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Tugas Panwaslu Kelurahan/Desa


MINSEL, FokuslineNews – Tahapan pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Bakal Calon Walikota dan Wakil Walikota serta Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati tak lama lagi.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengemas kegiatan yang diwujudkan dalam rangka penguatan kapasitas bagi jajaran Panwaslu kelurahan/desa (PKD) bagi 167 Desa dan 10 Kelurahan  (177 desa dan kelurahan_red) di Kabupaten Minsel.


Bawaslu Minsel menghadirkan narasumber dari kalangan akademisi dan sejumlah pegiat kepemiluan diantaranya, Dr Victory Rotty, Dr Ferol Warouw, dan Suardi Hamzah. Kegiatan digelar di salah satu hotel di Amurang,  pada Sabtu, (22/06/024). Kegiatan dihadiri Anggota Bawaslu Minsel LD IRWANDI B, Franny Sengkey dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Minsel Wenfrie Tumbuan.

Ketua Bawaslu Minsel, Eva Keintjem mengatakan, penguatan kapasitas difokuskan pada persiapan melakukan tugas pengawasan mengenai pemutakhiran data pemilih dalam gelaran Pilkada 2024, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang nomor 10 Tahun 2016, tentang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota.


Dimana, Bawaslu memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi tahapan pemilihan serentak  2024, mulai tahapan persiapan sampai pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara. “Dalam proses pengawasan  Bawaslu menerapkan dua cara, pertama pengawasan administratif dan pengawasan langsung di lapangan,” ujar Keintjem.

Selain itu, Keintjem menambahkan, pengawasan harus memenuhi empat prinsip yang sesuai dengan kaidah kerjanya. Yaitu, akurat, mutakhir atau up to date, komprehensif dan transparan.

(**)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bawaslu Minsel Gelar Kegiatan Penguatan Kapasitas Tugas Panwaslu Kelurahan/Desa Rating: 5 Reviewed By: admin