Latest News
Senin, 03 Juni 2024
Dilihat 0 kali

DPRD Minsel Paripurnakan Ranperda Perlindungan Lahan Pertanian Dan Laporan Hasil Reses 2023/2024


Minsel, fokuslinenews.com
- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar dua agenda sekaligus pada Senin, 3 Juni 2024 bertempat diruang rapat desa Teep.

Adapun agenda yang di paripurnakan yaitu Pembicaraan Tingkat Ke-Dua Terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan; Penyampaian Laporan Hasil Reses II Masa Persidangan ke-Dua dan Penutupan Masa Persidangan ke-Dua dan Pembukaan Masa Persidangan ke-Tiga Tahun 2023/2024.


Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Minsel, Ridle Merentek didampingi Wakil Ketua Stefanus Lumowa dihadiri olah Bupati Franky Wongkar dan Wabup Petra Rembang.

Masa persidangan dan masa reses merupakan bagian dari tahun sidang DPRD dalam mengemban amanat fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan dalam peyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan.


Oleh karna itu hasil dari reses tiap anggota legislatif perlu dilaporkan agar supaya aspirasi dan masukan dari masyarakat menjadi acuan untuk disampaikan kepada pemerintah.

Pada kesempatan itu pula DPRD Minsel paripurnakan hasil pembicaraan terkait ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Hadirnya perda ini, akan menjadi dasar hukum bagi pemerintah daerah dalam upaya melindungi lahan pertanian pangan yang ada di Minsel sehingga dapat dimanfaatkan secara berkesinambungan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah serta mencegah perubahan fungsi menjadi lahan non-pertanian.

Ketersediaan lahan pertanian pangan merupakan syarat utama dalam upaya mewujudkan swasembada pangan, tentunya lahan pertanian pangan berkelanjutan di-integrasikan dengan penataan ruang Kabupaten Minahasa Selatan, yang bertujuan untuk mewujudkan wilayah Kabupaten Minahasa Selatan sebagai pusat agribisnis dengan mengandalkan pertanian, perikanan dan kelautan, serta pariwisata sebagai roda penggerak perekonomian daerah.


Sementata itu, Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan masa persidangan dan reses ke-dua tahun sidang 2023/2024 tentunya para pimpinan dan anggota dewan telah menunjukan dedikasi dan komitmen pelayanan melalui banyak hal sesuai dengan tugas dan tanggung jawab, khususnya dalam menyerap, menampung, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat.


“Kesemuanya itu diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Minahasa Selatan tentunya, dan saat ini merupakan momentum yang baik bagi kita untuk berbagi informasi yang telah terhimpun sebagai bahan untuk menentukan langkah ke depan sekaligus untuk mengevaluasi dan menilai kinerja kita pada masa persidangan sebelumnya,” ucap Bupati.


“Saya berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada segenap pimpinan dan anggota dewan teristimewa kepada pimpinan dan anggota Pansus pembahas rancangan peraturan daerah tentang perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan, yang telah memberi diri, waktu, tenaga dan pikiran dalam membahas, mengkaji dan menyempurnakan rancangan peraturan daerah ini dengan cermat, teliti, kritis dan komprehensif." tambah Wongkar.


"Tentunya sebagai mitra maupun selaku pihak eksekutif, pemerintah daerah akan senantiasa melakukan upaya-upaya konkret yang saling bersinergi dengan pihak legislatif sesuai koridor peraturan perundangan yang berlaku,” tutup Bupati.


Turut hadir dalam kesempatan itu, unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian Setda, Camat dan jajaran dilingkup pemkab Minsel.

red



  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: DPRD Minsel Paripurnakan Ranperda Perlindungan Lahan Pertanian Dan Laporan Hasil Reses 2023/2024 Rating: 5 Reviewed By: admin