Latest News
Rabu, 11 September 2024
Dilihat 0 kali

Ketua Tim PKK Josephine M Taco Kunjungi Pengrajin Kain Kerawang di Batunderang



SANGIHE Fokuslinenews - Ketua Tim Penggerak (TP)  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengunjungi pengrajinan kain kerawang. Lokasi pusat pengrajin tersebut di Kampung Batunderang Kecamatan Manganitu Selatan (11/9/24).


Kunjungan perdana kali ini Ketua TP PKK Kabupaten Sangihe Josephine M Taco dengan saksama melihat langsung para pengrajin kerawang , mulai dari proses memasukkan benang ke dalam jarum hingga menjahit manual kain sesuai pola.


Ketua TP PKK Josephine M Taco juga berbincang singkat dengan salah seorang pengrajin kain kerawang, dia bertanya tentang filosofi motif pada kain tersebut. Terlihat raut wajah kagum dari dirinya melihat kesigapan dan ketelitian para pengrajin dalam proses pengerjaan kain kerawang dikarenakan dalam pengerjaannya membutuhkan keterampilan, juga perlu ketelitian dan kesabaran.


“Saya mengapresiasi para pengrajin kerawang di kampung Batunderang yang tetap memelihara serta menekuni warisan leluhur yaituh kerawang  . Perlu kita jaga kelestarian dan kearifan lokal ini agar tidak punah tergerus zaman,” ucapnya


Dia juga berharap agar para pengrajin meneruskan tradisi membuat kain kerawang kepada kaum muda saat ini, kususnya lagi di Kampung Batunderang


“Lakukan regenerasi dan menularkan ilmu kain kerawang kepada kaum muda,” kata dia.


Proses pembuatan kain kerawang sendiri merupakan teknik menghias kain dengan cara menjahit dengan tangan jahit ikat benang pada permukaan kain berbentuk motif yang ada. Nantinya akan memberikan kesan indah dan mewah.


Motif bunga, ikan, dan banyak lagi kain kerawang memiliki keunikan dan menarik di mata konsumen karena dicampur dengan bermacam-macam bentuk motif lainnya. Diadaptasi dari filosofi legenda yang ada diKampung Batunderang yang dipercaya secara turun temurun dari generasi ke generasi. (Ika)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ketua Tim PKK Josephine M Taco Kunjungi Pengrajin Kain Kerawang di Batunderang Rating: 5 Reviewed By: admin