Latest News
Rabu, 18 September 2024
Dilihat 0 kali

KPU Sangihe Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT untuk Pilkada 2024


SANGIHE Fokuslinenews - Tahapan Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilihan Serentak Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), Selasa, (17/9/2024), bertempat di Tahuna Beach Hotel and Resort. 


Agenda ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2024 dan Keputusan KPU Nomor 799 Tahun 2024, yang mengatur tentang penyusunan daftar pemilih dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.


Rapat pleno terbuka ini merupakan tahapan penting dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Serentak 2024, khususnya untuk memastikan keakuratan data pemilih yang akan digunakan dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Kepulauan Sangihe.


Rapat pleno dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Sangihe, Absan Reformasi Tahendung.


Dalam sambutannya, Tahendung menyatakan pentingnya rapat tersebut dalam memastikan data pemilih yang akurat dan valid. Ia menjelaskan:


"Kita tinggal 70 hari lagi menuju pemilihan kepala daerah, dan saat ini KPU sedang berada di tahapan rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)", ujar Tahendung. 


"Tujuan rapat pleno ini adalah untuk menyinkronkan data yang tidak valid dengan data yang ada di Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), seperti pemilih ganda di kabupaten lain atau di kecamatan yang berbeda. Hari ini, kita akan menyelesaikan data-data tersebut agar hasilnya kredibel dan valid, karena data ini akan digunakan untuk pengadaan logistik pemilihan kepala daerah."tambahnya.


Lebih lanjut, Tahendung menekankan pentingnya data ini dalam menentukan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah 2024. Ia berharap, melalui rapat pleno ini, semua data yang tidak valid dapat diperbaiki dan dinyatakan final.


"Meskipun kita tahu bahwa tahapan ini sangat krusial, mengingat data pemilih masih terus bergerak, hari ini kita akan memastikan semua data yang tidak valid dapat diresmikan dan dinyatakan clear. Harapan kami, kegiatan ini berjalan lancar dari awal hingga akhir, dan kita semua berada dalam lindungan Tuhan," tutupnya. (Ika)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: KPU Sangihe Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT untuk Pilkada 2024 Rating: 5 Reviewed By: admin