Latest News
Selasa, 10 September 2024
Dilihat 0 kali

Tingkatkan Hasil Pertanian di Sulut, Paulus Pangau Sebut 3 Solusi Strategis


SULUT, Fokuslinews.com - Pengembangan sektor pertanian di Sulawesi Utara menghadapi sejumlah tantangan serius, termasuk lahan tidur yang tidak terkelola dengan baik akibat tingginya harga pupuk dan kekurangan tenaga kerja. Masalah ini sering kali menyebabkan hasil panen yang tidak memenuhi harapan petani.

Menanggapi hal ini, Paulus Pangau, seorang pengamat, mengusulkan beberapa solusi strategis untuk mengatasi masalah tersebut yakni pengelolaan sumber daya air yang efektif.

"Jalur bendungan dan sumber air harus dikelola secara optimal oleh mantri air, sehingga irigasi dapat dilakukan dengan efisien. Pengelolaan air yang baik diharapkan dapat mendukung produktivitas lahan pertanian dan meningkatkan hasil panen," kata Paulus.

Lanjut dikatakan Paulus, langkah berikutnya adalah membangkitkan semangat gotong royong.

"Saya mengusulkan agar masyarakat kembali menghidupkan semangat gotong royong, terutama dalam pengelolaan hasil pertanian. Kami menyarankan pembuatan arisan sebagai sarana untuk memfasilitasi kolaborasi dalam pengelolaan hasil tani. Ini tidak hanya akan mengurangi beban individu tetapi juga meningkatkan hasil kerja kolektif. Ini adalah nilai yang telah terbukti berharga, seperti yang terlihat dari kisah masa lalu di mana banyak anak petani yang sukses, termasuk yang meraih gelar doktor dan profesor, berkat kerja keras dan gotong royong dalam mengelola pertanian, seperti menanam bibit kelapa, pohon ketan dan cengkeh," ungkapnya.

Selain itu juga terkait subsidi pupuk. Untuk mengatasi masalah harga pupuk yang tinggi, Pangau meminta pemerintah memberikan subsidi pupuk secara gratis kepada petani yang benar-benar memiliki lahan pertanian. Namun, ia menekankan agar pemberian subsidi ini diprioritaskan untuk petani yang benar-benar memanfaatkannya, sehingga bantuan tidak disalahgunakan dan tepat sasaran.

"Dengan implementasi langkah-langkah ini, diharapkan masalah pertanian di Sulawesi Utara dapat diatasi secara efektif. Hasil panen dapat meningkat dan kesejahteraan petani dapat terjamin," pungkasnya.

(flnc)




  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tingkatkan Hasil Pertanian di Sulut, Paulus Pangau Sebut 3 Solusi Strategis Rating: 5 Reviewed By: admin