Latest News
Kamis, 03 Oktober 2024
Dilihat 0 kali

Dua Lembaga Survei Kredibel dan Terpercaya E2L Unggul, Kini Giliran LSI Poltracking 50,3 Persen


Sulut, FokuslineNews - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Ellly Engelbert Lasut (E2L) dan Hanny Joost pajouw (HJP) kembali menunjukkan keunggulannya menjelang hari pencoblosan. Survei terbaru Poltracking Indonesia, E2L-HJP jauh di atas pesaingnya.


Berdasarkan hasil survei lembaga yang dipimpin Hanta Yuda AR itu, elektabilitas E2L-HJP mencapai 50,1 persen.  Posisi kedua ditempati pasangan Steven Kandouw– Alfred Denny Djoike Tuejeh dengan 32,4 persen dan ketiha atau terakhir adalah Yulius Selvanus Lumbaa-Victor Mailangkay  dengan 7,1 persen.

Survei Poltracking ini hampir sama dengan  LSI Denny JA. Dua pekan sebelumnya LSI Denny JA dan Litbang Kompas juga sudah merilis keunggulan E2L-HJP di atas 50 persen.

Yoki Alvetro, Peneliti Utama Poltracking Indonesia menyebutkan dukungan kepada pasangan Elly Lasut – Hanny Pajouw tersebar merata di berbagai kelompok pemilih. “Pasangan ini unggul di semua kategori pendidikan, mulai dari yang tidak tamat SD hingga sarjana. E2L-HJ juga unggul  di kalangan usia muda hingga tua,” ungkap Yoki.

Hanya pada kelompok Generasi X, persaingan dengan pasangan Steven Kandouw – Alfred Denny Tuejeh terpantau seimbang. Keunggulan E2L-HJP menunjukkan dukungan rakyat yang begitu kuat.

Poltracking juga menunjukkan tingginya dukungan pemilih dari beberapa partai besar, termasuk Golkar, Demokrat, NasDem, Gerindra, dan PKB, buat E2L-HJP. Sementara itu, pendukung PDI Perjuangan masih solid di belakang pasangan Steven Kandouw – Alfred Denny Tuejeh.

Menariknya, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja gubernur petahana Olly Dondokambey yakni 75%, namun mayoritas masyarakat Sulut tetap menginginkan perubahan. “Sebanyak 62,3% responden menginginkan kepemimpinan baru di Sulut, meskipun mereka puas dengan kinerja Gubernur Olly,” kata Yoki.

Survei Poltracking Indonesia ini menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan melibatkan 800 responden dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara. Margin of error survei sebesar +/- 3,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Yoki juga menegaskan bahwa dinamika politik Sulut masih bisa berubah. “Kami akan terus memantau perkembangan hingga pemilihan pada 27 November 2024 nanti,” katanya.

Hasil survei ini menurut Ketua Harian Relawan Gas Full Sulut, RAS Didi Syafei menunjukkan kecintaan terhadap E2L-HJP. Namun begitum mantan anggota DPRD Manado itu meminta tim, relawan dan semua simpatisan untuk tetap rendah hati, serta terus mensosialisasikan visi-misi E2L-HJP.

“Hasil survei justru harus menjadi penyemangat bagi tim, relawan, simpatisan dan masyarakat untuk menjadikan E2L-HJP menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut. Kita gas full dan fokus pemenangan untuk Sulut lebih hebat,” ujar Didi. 

(*/)
  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Dua Lembaga Survei Kredibel dan Terpercaya E2L Unggul, Kini Giliran LSI Poltracking 50,3 Persen Rating: 5 Reviewed By: admin