Latest News
Jumat, 18 Oktober 2024
Dilihat 0 kali

Komisariat Cabang terbentuk, Claudio Nakhodai Pemuda Katolik Minsel


Minsel, fokuslinenews.com
- Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Minahassa Selatan (Minsel) menggelar Musyawara Komisariat Cabang (Muskomcab) yang bertempat di Wisma Hikmat Lourdes HL Lindangan, Kecamatan Ranoiapo pada 18-19 Oktober 2024.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan susunan acara mulai dari Masa Penerimaan Anggota (Mapenta) dilanjutkan Musyawara Komisariat Cabang (Muskomcab) dan pelantikan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minahasa Selatan periode 2024-2027.


Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Sulawesi Utara (Sulut) Agustinus Koba Kalengkongan, yang dihadiri oleh Ketua KNPI Minsel Vickly Lumowa dan perutusan pengurus Pemuda Katolik ditiap kecamatan.

Pengenalan organisasi dan materi seputar Pemuda Katolik dipaparkan langsung oleh Ketua Komda Sulut sekaligus pengenalan singkat tentang sosok pelindung dari Pemuda Katolik yaitu St. Yohanes Berchmans, bermotokan Pro Bono Publico, Pro Ecclesia Et Patria.


Ketua Komda Sulut menyampaikan bahwa keberadaan organisasi Pemuda Katolik ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 1945 secara nasional yang merupakan ormas religius dan berorientasi untuk kepentingan gereja dan bangsa serta tidak beraviliasi dengan politik.

Agenda yang sudah tersusun, kemudian dilanjutkan Muskomcab dan dipimpin oleh Denny Wowor yang merupakan pemegang mandat memimpin sidang dari Komda Sulut didampingi Ferdinan Mongi dan Andi Mongdong sebagai karateker.


Kegiatan berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan tata tertib sidang yang menghasilkan ketua terpilih Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minsel Claudio Lumowa dari dua calon yang diusulkan oleh pengurus kecamatan bersama Vickly Lumowa.

Setelah terpilih secara sah, Claudio melanjudkan sidang dengan agenda pemilihan pengurus inti oleh tim formatur yang menghasilkan Sekretaris Stefanus Wowor dan Bendahara Steven Moniaga sebagai pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Minsel.


Dalam sambutanya, Lumowa, “Ini bukan kebetulan, dibalik semua ini ada hikmanya. Saya mengajak kita semua sebagai kesatuan dalam organisasi Pemuda Katolik untuk bersama sama dalam keterpangilan pelayanan kepada umat serta bisa memberi manfaat bagi gereja dan masyarakat."

Pada Kesempatan itu, Ketua Komda Sulut Agustinus Koba Kalengkongan memberikan apresiasi untuk Komcab Minsel atas terbentuk kepengurusannya yang juga telah menambah jumlah Komcab saat ini menjadi 12 Komcab yang terbentuk dari 15 Komcab yang ada di Sulut, tersisa 3 Komcab, Mitra, Sitaro, Bolmut.


“Secara pribadi saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya untuk ketua terpilih bersama anggota Komcab yang ada di Minsel serta kesan dan pesan moral yang positif dimana Komcab Minsel bisa menujukkan keseriusan dan menerima kepengurusan Pemuda Katolik  dengan sunguh.” terang Abo sapaan akrab Ketua Komda Sulut.

“Dengan terbentuknya Komcab Minsel memberikan warna tersendiri dan berkontribusi nyata bagi gereja dan bangsa sehingga bisa meninggalkan warisa yang bermanfaat bagi umat dalam pelayanan dan generasi bangsa,” tambahnya.”

"Harapan saya, semoga Komcab Minsel bisa membangun generasi penerus serta pengkaderan Pemuda Katolik ke Komisariat Kecamatan (Komac) sampai pengurus ranting," tutupnya.


Muskomcab diakhiri dengan pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komcab Minsel periode 2024-2027 oleh Ketua Komda Sulut ditandai dengan penyerahan pataka.

Diketahui bersama bahwa sampai saat dari 15 Komcab di Sulut, sudah 12 yang terbentuk masih tersisa 3 Komcab, Mitra, Sitaro, Bolmut yang akan menyusul untuk melaksanakan muscab.

red




  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Komisariat Cabang terbentuk, Claudio Nakhodai Pemuda Katolik Minsel Rating: 5 Reviewed By: Cheny