Latest News
Selasa, 01 Oktober 2024
Dilihat 0 kali

Pj Bupati Albert H Wounde SH MH Dan Ketua TP PKK Temui Pengasu Irma Suryani Alpiah Makasebape



SANGIHE Fokuslinenews - Pj Bupati Albert H Wounde SH MH dan Ketua TP PKK Josephine M Taco menemui pengasuh yang juga saksi mata peristiwa kelamnya G30S PKI, Oma Alpiah Makasebape.


Kunjungan tersebut merupakan yang pertama kali sejak Ia menjadi orang nomor satu di Tana Tampungang Lawo


Alpiah Makasebape yang sekarang berdomisili di Kelurahan Dumuhung, Kecamatan Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara yang dikenal sebagai saksi mata heroiknya peristiwa G30S PKI tahun 1965 silam, ketika Alpiah saat itu merupakan pengasuh anak dari Jenderal Besar TNI (Purn) Dr (HC) Abdul Haris Nasution, Ade Irma Nasution


Pj Bupati Albert H Wounde SH MH dan Ketua PKK Josephine M Taco napak akrap bersama dengan pengasuh ade Irma Nasution, menceritakan kembali masa masa saat kedatangannya di keluarga Jenderal A. H Nasution hingga peristiwa kelam 30 September 1965 hingga hembusan nafas terakhir ade irma Nasution.


“Pada tahun 1960, Ibu Johana Sunarti Nasution mencari seseorang untuk mengasuh anaknya yang baru saja lahir (Ade Irma) pada 19 Februari 1960. Saya kala itu berusia 24 tahun akhirnya dipilih. Ade Irma Suryani merupakan anak bungsu Kepala Staf Angkatan Perang (saat itu) Jenderal TNI Abdul Haris Nasution. Ade Irma tertembak senjata ketika sedang mencari Nasution untuk dibawa ke kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada malam 30 September 1965,” Jelas nenek Titang Sapaan akrab.

 Lanjut Pengasuh ade irma Nasution menceritakan proses pengabdianya hingga sudah usia senja.


“Saya masih mengabdi hingga tahun 1969. Setelahnya saya memilih untuk pulang kampung dan menetap di Tahuna, Kabupaten Kepulauan Sangihe. Kami masih menjalin komunikasi yang baik dan masih beberapa kali datang ke Jakarta untuk menghadiri acara-acara spesial Keluarga Nasution,” pungkas sang pengasuh menceritakan kembali kisahnya".


Sementara itu Pj Bupati Albert H Wounde SH MH saat ditemui usai kunjungan kepada Alpia Makasebape yang mengasu Irma Suryani Nasution " selaku pimpinan pemerintahan di kabupaten sangihe memberikan apresiasi dan penghargaan kepadan Oma Alpia Makasebape yang telah menunujukan kesetiaannya dimasa itu. Katanya.


 Selain itu Pj Bupati Albert H Wounde SH MH mengatakan" saya akan memperhatikan Oma Alpia dan juga saya mengajak seluruh pemerintah maupun masyarakat agar memberikan waktu dan kesempatan untuk berkunjung ke rumah Oma Alpia. Kuncinya (Ika)

  • Site Comments
  • Facebook Comments

0 comentários:

Posting Komentar

Item Reviewed: Pj Bupati Albert H Wounde SH MH Dan Ketua TP PKK Temui Pengasu Irma Suryani Alpiah Makasebape Rating: 5 Reviewed By: admin